Pemkab Kapuas

Peletakan Batu Pertama, Pembangunan RS Pratama Pujon Kapuas Resmi Dimulai

Pembangunan Rumah Sakit Pratama di Desa Pujon, Kecamatan Kapuas Tengah, Kapuas, Kalteng resmi dimulai ditandai dengan peletakan bantu pertama oleh Plt Bupati Ka

Featured-Image
Peletakan batu pertama pembangunan RS Pratama Pujon oleh Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor. Foto: Pemkab Kapuas

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Pembangunan Rumah Sakit Pratama di Desa Pujon, Kecamatan Kapuas Tengah, Kapuas, Kalteng, resmi dimulai dengan ditandai peletakan bantu pertama oleh Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, Rabu (14/6/2023).

Pembangunan rumah sakit pratama tersebut merupakan upaya Pemkab Kapuas agar pelayanan kesehatan dapat merata untuk seluruh masyarakat.

Karena dengan terjaganya kesehatan masyarakat, maka akan meningkatkan pula kesejahteraan di suatu wilayah.

Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor pun menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi seluruh pihak terkait yang sudah berjuang dalam perencanaan pembangunan rumah sakit tersebut.

Terutama juga kepada penghibah tanah yang sudah sangat berjasa dalam proses menghadirkan Rumah Sakit di wilayah Kapuas Tengah.

“Ini merupakan momentum bersejarah bagi Kabupaten Kapuas, terutama Kecamatan Kapuas Tengah dimana dengan berdirinya RS Pratama Pujon ini, Kapuas akan memiliki dua rumah sakit daerah yang akan menunjang kesehatan masyarakat,” kata Nafiah.

Dengan hadirnya rumah sakit di Pujon, Nafiah berharap dapat meningkatnya pelayanan kesehatan di Kecamatan Kapuas Tengah serta membantu masyarakat sekitar agar tidak jauh lagi untuk mendapatkan fasilitas kesehatan rujukan yang baik dan memadai.

Kepada masyarakat Kapuas Tengah, Nafiah pun berpesan agar bersama-sama mendukung pembangunan RS Pratama Pujon dengan saling menciptakan serta menjaga suasana yang kondusif.

Dirinya juga minta komitmen dari seluruh pihak terkait bahwa hasil pekerjaan bangunan gedung RS Pratama Pujon benar-benar sesuai rencana.

"Baik dari segi estetika, kualitas bangunan maupun fungsinya sehinggat dapat beroperasional sebagaimana mestinya,” tegas Nafiah Ibnor.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Tonun Irawaty, mengatakan pembangunan RS Pratama Pujon merupakan wujud komitmen Pemkab Kapuas dalam transformasi kesehatan yang terdiri dalam enam pilar.

Enam pilar transformasi kesehatan itu yaitu tranformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, tranformasi SDM dan teknologi kesehatan.

“Pelaksanaan pembangunan RS ini dilakukan sebagai upaya pemerataan peningkatan kualitas dan akses pelayanan kesehatan di Kabupaten Kapuas, khususnya di wilayah Kecamatan Kapuas Tengah," katanya.

"Adapun dana pembangunannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang kesehatan yang di dapat tahun 2023,” pungkas dr Tonun.

Editor


Komentar
Banner
Banner