Pemkab Kapuas

Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan II di Kapuas Resmi Dibuka

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pelatihan berbasis kompetensi angkatan II program pendidikan dan pelatihan vokasi di UPTD…

Featured-Image
Pelatihan membuat kue dan roti di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kapuas. Foto-apahabar.com/Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Pelatihan berbasis kompetensi angkatan II program pendidikan dan pelatihan vokasi di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kapuas, Kalteng, resmi dibuka, Kamis (1/7).

Adapun jenis pelatihan yang dilakukan meliputi pelatihan kejuruan menjahit, pembuatan desain grafis, otomotif, pembuatan roti dan kue dengan total seluruh peserta pelatihan sebanyak 64 orang.

“Kegiatan pelatihan berbasis kompetensi angkatan 2 tahun ini dilaksanakan selama satu bulan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kapuas, Raison usai membuka pelatihan.

Raison bilang, tujuan pelatihan ini untuk menciptakan tenaga kerja mandiri yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas diri dan mampu menembus peluang usaha.

“Sehingga tenaga kerja tidak saja hanya berharap pada perusahaan atau lembaga-lembaga usaha lainnya, tetapi mereka bisa kerja secara mandiri dengan keahlian yang dimiliki,” ujarnya

Raison memgungkapkan, dalam tahun anggaran 2021 UPTD BLK Kapuas mendapatkan 7 paket pelatihan dari Kementerian Ketenagakerjaan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas.

“Nah, kita diberikan amanah sebagai tempat pelaksanaan pelatihan. Dari 7 paket pelatihan, 3 paket sudah dilaksanakan pada awal tahun 2021 dan saat ini melanjutkan sisa pelatihan sebanyak 4 paket," bebernya.

Kepala Disnaker Kapuas itu pun berharap agar peserta pelatihan dapat meningkatkan lagi keterampilan yang dimiliki guna semakin lebih mahir lagi karena pelatihan ini hanya bersifat dasar.

"Dengan ilmu yang didapat selama pelatihan diharapkan mampu memotivasi seluruh peserta sekalian dalam usaha peningkatan kesejahteran baik untuk diri sendiri, keluarga maupun masyarakat sekitarnya," pungkas Raison.



Komentar
Banner
Banner