Piala AFF 2022

Pelatih KV Mechelen Ungkap Alasan Larang Sandy Walsh Tampil di Piala AFF 2022

Pelatih KV Mechelen angkat bicara terkait dengan alasannya yang melarang Sandy Walsh untuk bergabung dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Featured-Image
Sandy Walsh saat melakukan sesi pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali (Foto: dok. PSSI)

bakabar.com, JAKARTA – Pelatih KV Mechelen, Steven Defour angkat bicara soal melarang Sandy Walsh bergabung dengan Tim Nasional Indonesia di Piala AFF 2022.

Pemain naturalisasi Sandy Walsh seharusnya berkesempatan melakoni laga debut berseragam Merah Putih di ajang Piala AFF 2022 setelah merampungkan proses naturalisasi pada November lalu.

Namun, dirinya ternyata batal membela skuad Garuda di Piala AFF 2022, lantaran klub KV Mechelen tak mengizinkannya untuk pergi meninggalkan klub.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, salah satu yang menjadi alasan Steven Defour tak mengizinkan Sandy Walsh pergi terkait dengan turnamen Piala AFF yang tak masuk ke dalam kalender resmi FIFA.

Baca Juga: Shin Tae-yong Sebut Piala AFF Sebagai Piala Dunianya Negara ASEAN

Selain itu Defour mengatakan, klubnya saat ini sedang berhadapan dengan jadwal yang cukup padat pada Desember hingga Januari. Sehingga menurutnya, akan menjadi hal yang sulit bagi Sandy jika ikut Piala AFF 2022.

“(Piala AFF) itu bukan turnamen resmi FIFA. Saya sudah menjelaskan kepada Sandy bahwa kami sangat membutuhkannya saat ini,” ujar Defour seperti dikutip dari Walfoot, Kamis (22/12).

Di satu sisi, Pelatih KV Mechelen itu mengungkapkan keinginan Sandy untuk dapat membela skuad Garuda di Piala AFF.

Akan tetapi, dirinya pun tak punya pilihan selain mengurung Sandy Walsh itu agar tetap berada di Belgia bersama KV Mechelen.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Semakin Dekat dengan Klub Liga Arab Saudi

“Dia benar-benar ingin pergi (ke Indonesia), oleh karena itu kami mengizinkannya pulang saat kami berada di Spanyol (untuk laga ujicoba),” katanya.

“Tapi hanya itu yang bisa kami berikan. Saat ini situasi kami serba salah jika melepas pemain begitu saja,” ujar Defour menambahkan.

Lebih lanjut, Defour mengatakan dengan keputusannya itu, Sandy Walsh memahami dan mengerti terkait situasi yang dialami oleh klubnya saat ini.

Sebelumnya, Sandy Walsh sempat menyampaikan klarifikasi alasannya tidak bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Dalam klarifikasinya itu, pemain naturalisasi keturunan Belanda itu mengaku sangat kecewa karena tidak bisa debut bersama skuad Garuda.

“Saya juga kecewa, sama seperti kalian. Seperti kalian ketahui saya sudah berada di Indonesia untuk menjadi WNI dan berada di Bali untuk ikut pemusatan latihan persiapan turnamen,” tutur Sandy di Instagram, Selasa (20/12).

“Situasinya saat ini KV Mechelen memiliki pertandingan penting di kompetisi dalam waktu yang bersamaan dengan Piala AFF. Saya telah berdiskusi dengan KV Mechelen dan PSSI serta Coach Shin,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Sandy Walsh bukan satu-satunya pemain yang gagal tampil membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Dirinya ditemani oleh Elkan Baggott yang juga gagal membela skuad Garuda.

Editor


Komentar
Banner
Banner