Hot Borneo

Pelajar SD dan SMP Banjarmasin Diusulkan Terima Bantuan Program Indonesia Pintar, Total Anggaran Rp13 Miliar

apahabar.com, BANJARMASIN – Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin mengusulkan ribuan pelajar di Kota Seribu Sungai untuk menerima…

Featured-Image
Ilustrasi siswa sekolah dasar. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin mengusulkan ribuan pelajar di Kota Seribu Sungai untuk menerima bantuan Program Indonesia Pintar dari Kemendikbud RI.

Anggaran untuk program tersebut yakni Rp8 miliar untuk 11 ribu pelajar sekolah dasar dan Rp5 miliar untuk 5 ribu siswa SMP.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin, Nuryadi, menyampaikan penerima bantuan jenjang pelajar SD mendapatkan dana sebesar Rp 450 ribu. Sementara siswa SMP sebesar Rp 750 ribu. Bantuan dari PIP ini diterima hanya sekali dalam setahun.

"Pemanfaatan itu diserahkan ke orang tua siswa," ujarnya saat sosialisasi program PIP di SMPN 7 Banjarmasin, Selasa (8/3/2022).

Saat ini pencairan bantuan masih menunggu verifikasi dari pemerintah pusat. Jika sudah diverifikasi, dana bantuan bisa dicairkan pada awal tahun ajaran 2023/2024.

Dana tersebut akan langsung masuk ke rekening pribadi siswa. Pihak sekolah, kata dia, hanya bertugas melakukan pengusulan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin, Ariffin Noor, mengharapkan bantuan ini pendidikan ini bisa meringankan beban siswa kurang mampu yang mengakibatkan putus sekolah.

"Ini menjadi apresiasi kita untuk meningkat kecerdasan anak selama 12 tahun," pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner