Arus Mudik 2023

Pelabuhan Merak Banten Terpantau Sepi dari Kepungan Pemudik

Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten terpantau masih sepi dari para pemudik yang hendak menyebrang ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung jelang Lebaran 2023, Minggu

Featured-Image
Dermaga 1dan 2 Pelabuhan Merak pada siang hari tampak sepi kendaraan pemudik yang menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni. ANTARA/Mansur

bakabar.com, JAKARTA - Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten terpantau masih sepi dari para pemudik yang hendak menyebrang ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung jelang Lebaran 2023, Minggu (16/4).

Tujuh dermaga di kawasan Pelabuhan Merak masih sepi dari kepungan pemudik, meski telah memasuki H-6 Lebaran.

Baca Juga: H-6 Lebaran 2023, Terminal Bekasi Belum Ada Lonjakan Pemudik

Terutama pada siang hari, kendaraan pemudik tampak lebih sepi dibandingkan sore menuju malam yang cenderung akan padat.

Kini kondisi Dermaga Pelabuhan Merak terlihat lengang, bahkan Dermaga dua dan tiga tidak ada kapal yang bersandar untuk menyeberangkan pemudik ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Kami memprediksikan pemudik kendaraan akan memadati dermaga pada sore hingga dini hari," kata petugas pengatur lalu lintas Pelabuhan Merak, Agus, Minggu (16/4).

Baca Juga: Dishub Jatim Cek Kendaraan Umum untuk Mudik 2023, Ratusan Tak Laik!

Menurut dia, arus mudik lebaran melalui Pelabuhan Merak berjalan lancar, aman dan selamat sampai tujuan.

Meski terjadi kepadatan kendaraan pribadi, Sabtu (15/4) kemarin di dermaga pelabuhan, namun kondisi arus lalu lintas berjalan lancar.

"Saya kira dengan adanya penambahan kapasitas lahan parkir dipastikan pemudik yang menggunakan kendaraan berjalan hingga penyeberangan," katanya menjelaskan.

Sementara itu, berdasarkan data Posko Merak selama 24 jam (periode 15 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga 16 April 2023 pukul 08.00 WIB) atau H-7, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 37 unit kapal.

Adapun realisasi total pada H-7 penumpang mencapai 74.104 orang atau naik 72 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 43.126 orang.

Editor


Komentar
Banner
Banner