Pemkab Banjar

Pekan Seni Banua Sukses Digelar, Pemkab Banjar Apresiasi Dema IAID Martapura

Pekan Seni Banua yang digelar Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Martapura berhasil sukses digelar selama sepekan penuh.

Featured-Image
Fashion Show Budaya di Pekan Seni Banua yang digelar Dema IAID Martapura, di Alun - alun Ratu Zalecha. Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA - Pekan Seni Banua yang digelar Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Martapura berhasil sukses digelar selama sepekan penuh.

Dilaksanakan di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Pekan Seni Banua digelar sejak 7-14 Oktober. Diisi dengan berbagai penampilan seni dari organisasi kampus dan luar.

Mulai dari Tari Rudat, Madihin, Balamut, Teater Banjar, Hadrah Panting, Pencak Silat Kuntau, Baturai Pantun, Fashion Show Budaya Banjar, Tembang Lagu Banjar.

Dalam kegiatan itu juga terdapat beranika ragam street food dari pelaku usaha UMKM serta wahana permainan, yang menambah kemeriahan.

Kegiatan ini pun mendapat apresiasi positif dari Pemerintah Kabupaten Banjar.

"Apresiasi tinggi kepada Dema IAID Martapura telah sukses melaksanakan Pekan Seni Banua," ucap Plt Kepala Disbudporapar, Irwan Jaya mewakili Bupati Banjar saat sambutan penutupan, Sabtu (14/10) sore.

Plt Kepala Disbudporapar Banjar, Irwan Jaya. Foto-istimewa.
Plt Kepala Disbudporapar Banjar, Irwan Jaya. Foto-istimewa.

Ia menuturkan, acara Pekan Seni Banua adalah bentuk nyata dari kerja keras, kreativitas, dan semangat kebersamaan, melalui karya - karya seni dan kearifan lokal yang tak terpisahkan dari budaya.

Menurutnya lagi, kegiatan ini juga mencerminkan semangat kepedulian kepada masyarakat sekitar, dengan memberi ruang pelaku UMKM memperkenalkan produknya ke masyarakat luas, dan langkah mendukung perekonomian lokal.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dalam membangun karakter masyarakat melalui karya seni dan sastra. Seperti kita ketahui, pengetahuan dan seni punya peran penting dalam membentuk moral dan karakter generasi muda. Saya yakin kegiatan ini akan menjadi inspirasi banyak orang dan berdampak positif kepada masyarakat," tandas Irwan Jaya.

Seremoni penutupan Pekan Seni Banua, di Alun - Alun Ratu Zalecha Martapura, Sabtu (14/10). Foto-istimewa
Seremoni penutupan Pekan Seni Banua, di Alun - Alun Ratu Zalecha Martapura, Sabtu (14/10). Foto-istimewa

Apresiasi juga dilontarkan Wakil Rektor III, Izzuddin. Ia berharap kegiatan seperti jadi agenda tahunan. Menurutnya, hal ini juga sebagai implementasi dari UU nomor 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi.

Mantan Kepala Kemenag Banjar ini bercerita, sejumlah alumni mengakui salut akan perkembangan mahasiswa IAID Martapura saat ini, dimana jauh sebelumnya mahasiswa tak banyak berkegiatan berskala besar seperti ini.

"Saya sungguh berterimakasih kepada para semua UKM dan Ormawa kampus khususnya dewan eksekutif mahasiswa sukses melaksanakan acara dan lancar," kata Izzuddin.

Sementara, Presiden Mahasiswa IAID Martapura M Andreansyah mengatakan kegiatan ini bertujuan sesuai dengan tema acara 'Meningkatkan Semangat Muda dengan slSolidaritas Berkarya dalam Kesenian Banua'.

Adapun Ketua Pelaksana, Ahmad Sodik menyampaikan terimakasih kepada IAID Martapura, Pemkab Banjar, para sponsor, media partner, dan panitia yang telah mendukung dan bekerja keras menyukseskan kegiatan.

Editor
Komentar
Banner
Banner