Kalsel

Peduli Lansia Tabalong, Mahasiswa UMM Edukasi Bahaya Covid-19

apahabar.com, TANJUNG – Mahasiswa Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM) Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) kelompok 40 periode 3…

Featured-Image
Mahasiswa PMM UMM memberikan pemahaman pentingnya menerapkan protokol kesehatan, sasarannya para warga lansia. Foto-Istimewa

bakabar.com, TANJUNG – Mahasiswa Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM) Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) kelompok 40 periode 3 turun ke tengah masyarakat di Kabupaten Tabalong.

Kegiatan yang dilakukan memberikan edukasi kepada masyarakat lanjut usia (lansia) mengenai anjuran menjalankan aktivitas yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Seperti halnya, pengertian Covid-19, protokol masuk rumah, tata cara cuci tangan, dan adaptasi kebiasaan baru.

Pada saat turun para mahasiswa ini menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Edukasi ini dilakukan karena kurangnya pengetahuan masyarakat di Kelurahan Belimbing Raya, Kecamatan Murung Pudak terhadap protokol kesehatan yang harus diterapkan di era pandemi saat ini,” kata Koordinator kelompok PMM UMM kelompok 40 Fikri Aprizal, kepada bakabar.com, Selasa (4/8).

Diharapkan dengan adanya edukasi ini mampu menambah pemahaman masyarakat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Program PMM diadakan oleh pihak kampus DPPM UMM sebagai lembaga yang bertanggung jawab,” jelasnya.

Fikri tidak sendiri, tapi bersama rekan lainnya Agus Joko Susilo, Dody Yanto, Agustriani dan Isna Hidayatun Ni'mah dengan dosen pembimbing Novita Ratna Satiti.

Dipilihnya Kelurahan Belimbing Raya sebagai tempat pengabdian masyarakat oleh mahasiswa, lantaran sebagian warga terpapar Covid-19.

Oleh karena itu, menurutnya, untuk menekan kasus positif perlu diadakan edukasi dan himbauan agar masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan.

Langkah mereka didukung penuh oleh Lurah Belimbing Raya dan masyarakat sekitar.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan mahasiswa ditengah pandemi saat ini. Masyarakat awam terutama lansia masih sangat membutuhkan edukasi dan informasi mengenai covid 19 karena keterbatasan mereka dalam mengakses teknologi informasi," ucap Lurah Belimbing Raya, Hj Nurhayati.

Edukasi dan pembagian masker dilaksanakan secara door to door. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, sejak Selasa (4/8) bertempat di Kelurahan Belimbing Raya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner