Nasional

Pecinta Lingkungan Ajak Perusahaan Besar Hijaukan Hutan

apahabar.com, JAKARTA – Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas berkolaborasi dengan beberapa komunitas pecinta lingkungan…

Featured-Image
Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menanam 10.000 bibit pohon lokal dan berbagai pohon buah-buahan lokal di area seluas 20 ha di Desa Teluk Rimba, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau. Foto-Liputan6.com

bakabar.com, JAKARTA – Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas berkolaborasi dengan beberapa komunitas pecinta lingkungan seperti International Tropical Timber Organization (ITTO) dan Belantara Foundation.

Mereka menanam 10.000 bibit pohon lokal di Kabupaten Siak, Riau. Itu dilakukan untuk mendukung perlindungan danrestorasi hutandi Indonesia.

Seorang pecinta lingkungan asal Jepang yang juga Direktur Eksekutif Great Forest Wall Project Makoto Nikkawa mengatakan, dirinya telah banyak mengajak komunitas lokal di Negeri Matahari Terbit untuk melakukan penghijauan.

“Dari situ belajarnya melibatkanlocal communityitu musti kerja sama. Jadi komoditas lokal juga merasa ini berguna dan sama-sama bisa menikmati hasilnya,” ujar dia.

Guna mempermudah proses pelestarian alam, ia juga banyak mengajak perusahaan-perusahaan besar untuk ikut membantu. Dia menyebutkan, ada beberapa korporasi besar asal Jepang yang telah berpartisipasi, seperti Mitsubishi Motor dan Mitsukoshi Departement Store.

“Jadi perusahaan-perusahaan besar itu harus punya nilai yang sama. Jadi jangan lihat sebagai komersial, harus punya tujuan yang sama jadi kerjasama ini bisa dikembangkan,” imbuhnya.

Tak hanya hanya korporasi besar, media Jepang The Nikkei hingga perusahaan Indonesia sepertiAPP Sinar Masdan Garuda Indonesia juga turut ikut serta menjadi relawan.

“Kalau di sini karena APP inisiatif, jadi kita kerjasamanya dengan pemerintah lokal, masyarakat lokal sini. Lalu volunteer-nya ada dari macam-macambackground, seperti media besar asal Jepang Nikkei,” tuturnya.

“Garuda Indonesia juga ikut serta, karena kita ke Tokyo pakai Garuda. Mungkin di masa depan akan lebih banyak lagi (yang berpartisipasi dalam penghijauan hutan),” dia menandaskan.

Asia Pulp & Paper (APP)Sinar Maskembali berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia, International Tropical Timber Organization (ITTO), Belantara Foundation, perwakilan bisnis dari Jepang dan Indonesia, dan masyarakat setempat untuk menanam 10.000 bibit pohon lokal dan berbagai pohon buah-buahan lokal di area seluas 20 ha di Desa Teluk Rimba, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau.

Inisiatif penanaman pohon tahunan yang telah berjalan untuk keenam kalinya ini merupakan salah satu wujud komitmen APP Sinar Mas untuk mendukung perlindungan dan restorasi hutan di Indonesia.

Baca Juga: Ibu Kota Pindah, Teluk Balikpapan Kian Terancam

Baca Juga: Polda Jatim Tetapkan Veronica Tersangka Hoaks Asrama Mahasiswa Papua

Sumber: Liputan6.com
Editor Syarif



Komentar
Banner
Banner