Hot Borneo

Pasca-Roboh, Katingan Bangun Ulang Patung Tjilik Riwut Rp1,5 Miliar

apahabar.com, KASONGAN – Pasca-roboh diterjang angin kencang, patung Pahlawan Nasional asal Kalteng, Tjilik Riwut di Kabupaten…

Featured-Image
Patung Tjilik Riwut di Katingan roboh diterjang angin kencang, Sabtu 18 Juni 2022 lalu. Foto-Istimewa

bakabar.com, KASONGAN – Pasca-roboh diterjang angin kencang, patung Pahlawan Nasional asal Kalteng, Tjilik Riwut di Kabupaten Katingan, bakal segera dibangun ulang.

Pemkab Katingan telah menganggarkan dana Rp1,5 miliar untuk membangun ulang patung Tjilik Riwut yang roboh, Sabtu 18 Juni 2022 lalu.

“Kami telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk pembangunan monumen baru Pahlawan Nasional Tjilik Riwut,” kata Bupati Katingan Sakariyas di Kasongan dilansir Antara, Rabu (13/7).

Monumen Gubernur Kalimantan Tengah kedua periode 30 Juni 1958 – Februari 1967 itu, menurut dia, akan dibangun dengan model baru dan megah.
Sementara itu, khusus untuk pondasi patung Tjilik Riwut akan dirancang lebih kokoh dan kuat.

Patung putra daerah asli Katingan yang baru nanti akan tetap dibangun di tengah-tengah bundaran besar di depan kantor Bupati Katingan, atau di jantung kota Kasongan.

“Semuanya baru. Bukan hanya patung beliau tapi juga secara keseluruhan akan diperbaharui dan direnovasi,” ucapnya.

Orang nomor satu di Katingan itu mengatakan saat ini pihaknya secara intensif mempersiapkan berbagai kebutuhan yang diperlukan, untuk mematangkan perencanaan pembangunannya.

Pihaknya juga telah berdiskusi dengan pihak keluarga dan anak-anak Pahlawan Nasional Tjilik Riwut. Bahkan pihaknya juga akan mengundang tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk membicarakan profil dan bentuk patung seperti apa nantinya yang akan dibangun.

Dia menyampaikan salah satu upaya mematangkan rencana pembangunan monumen baru tokoh Kalteng tersebut pihaknya telah menggelar rapat membahas rencana pembangunan monumen pahlawan nasional Tjilik Riwut yang dilaksanakan di ruang rapat bupati pada Senin (11/7/2022) mulai pukul 10.30 WIB.

Harapannya, monumen baru yang dirancang sedemikian rupa itu memiliki fungsi sebagai pengingat dan menginspirasi generasi muda terhadap sejarah kepahlawanan Tjilik Riwut.

Fungsi lainnya membentuk ruang publik yang indah, rapih dan nyaman yang menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Kalteng khususnya Katingan.

“Dengan dukungan dan doa masyarakat Katingan rencana pembangunan monumen Pahlawan Nasional Tjilik Riwut akan selesai pada tahun 2022 ini,” pungkas Sakariyas.

Disaput Angin, Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut di Katingan Kalteng Roboh



Komentar
Banner
Banner