Bisnis

Pasar Mariat, Papua Barat Daya Jadikan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya akan menjadikan Pasar Mariat di Kabupaten Sorong, sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.

Featured-Image
Pasar Mariat, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya akan menjadikan Pasar Mariat di Kabupaten Sorong, sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, pembenahan seluruh fasilitas di pasar tersebut segera dilakukan.

Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad di Sorong, Rabu (19/7), menjelaskan pemprov berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sorong sebagai bagian dari upaya memaksimalkan Pasar Mariat guna mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah itu.

"Kita sudah turun bersama Pj Bupati Sorong dan melihat kondisi pasar itu dan ke depan kita upayakan supaya fasilitasnya ditingkatkan, sehingga layak sebagai pasar yang strategis," ujarnya.

Upaya pertama yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya adalah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh pihak khususnya Pemkab Sorong guna menyusun strategi agar pasar benar-benar representatif dan mendukung pertumbuhan ekonomi ke depan.

Baca Juga: KEK Sorong, Wapres: Pemprov Papua Barat Daya Percepat Revitalisasinya

Musa'ad menjelaskan fasilitas di pasar dengan luas lahan sebesar 35 hektare itu akan dibenahi secara maksimal dengan sumber dana dari pemerintah provinsi dan Pemkab Sorong.

"Kita akan kerja bareng dan selesaikan segala persiapan terkait pasar itu," ungkap Musa'ad.

Pemerintah Kabupaten Sorong juga telah membangun sejumlah fasilitas pasar seperti ruko, air, listrik, dan fasilitas lain yang mendukung aktivitas pasar itu. "Pemerintah Kabupaten Sorong pun telah melantik salah satu UPT yang menangani pasar itu," sebutnya.

Jadi, kata dia, fasilitas gedung sudah memadai, tinggal bagaimana merenovasi sejumlah bagian penting lainnya, sehingga pasar benar-benar berfungsi secara baik.

Baca Juga: Pemantauan di Pasar, Bapanas: Stok Aman dan Pergerakan Harga Wajar

"Kita pilih Pasar Mariat sebagai pusat pengembangan dan pertumbuhan ekonomi karena strategis dan masih memungkinkan untuk dikembangkan lebih luas," katanya.

Selain itu, Kabupaten Sorong juga memiliki potensi pertanian yang memadai, sehingga perlu disediakan fasilitas pasar untuk memasarkan hasil pertanian dengan cepat.

Editor


Komentar
Banner
Banner