Bisnis

Pasar Fokus Sentimen Positif Domestik, IHSG Berpeluang Menguat

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (24/2) berpeluang menguat seiring pasar fokus pada kondisi domestik Indonesia.

Featured-Image
Refleksi kaca seorang karyawan berada di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (10/2/2023). Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (24/2) berpeluang menguat seiring pasar mulai fokus pada kondisi domestik Indonesia yang positif.

IHSG dibuka menguat 29,50 poin atau 0,43 persen ke posisi 6.868,9. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 4,71 poin atau 0,50 persen ke posisi 949,1.

"Sentimen pasar hari ini cenderung positif. Pasar terlihat mulai berani mengabaikan tekanan global dari ketidakpastian mengenai inflasi AS dan suku bunga The Fed. Pasar mulai kembali fokus pada kondisi domestik Indonesia yang positif," tulis Tim Riset Surya Fajar Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Jumat (24/2).

Dari domestik, pasar akan bersiap menantikan agenda rilis inflasi domestik Februari 2023 pada pekan depan yang diperkirakan kembali mengalami perlambatan.

Baca Juga: Patok Harga Rp1.250, Hillcon Siap Melantai di Bursa 1 Maret 2023

Baca Juga: Dorong Industri Pasar Modal, OJK Siapkan Bursa Karbon dan Pengaturan Aset Digital

Dari eksternal, pasar dinilai tengah mencerna FOMC Meeting yang mana hampir seluruh anggota komite setuju untuk menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin sebagai langkah untuk mengejar target inflasi yang sebesar 2 persen.

Sementara itu, Bursa Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan tadi malam. Pasar masih diselimuti oleh ketidakpastian terkait inflasi dan suku bunga acuan.

Inflasi Negeri Paman Sam masih menjadi perdebatan apakah akan terjadi resesi untuk membuat inflasi turun ke posisi target the Fed yaitu 2 persen. Pasar juga masih mencerna kapan kira-kira the Fed mulai menghentikan tren kenaikan suku bunga acuan.

Secara teknikal, IHSG berpotensi mengalami penguatan terbatas pada perdagangan hari ini dengan level support 6.830 dan level resistance 6.920.

Editor


Komentar
Banner
Banner