Pemkab Tanah Bumbu

Pantai Pagatan, Tempat Asyik Berakhir Pekan

apahabar.com, BATULICIN – Pantai Pagatan di Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, menjadi salah satu destinasi…

Featured-Image
pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu. apahabar.com/Puja Mandela

bakabar.com, BATULICIN – Pantai Pagatan di Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, menjadi salah satu destinasi yang asyik untuk mengisi waktu akhir pekan.

Setiap Minggu pagi, kawasan ini selalu ramai dikunjungi warga. Ada warga yang sekadar ingin bersantai bersama keluarga, tapi ada juga yang menjadikan kawasan Pantai Pagatan menjadi tempat berolahraga.

Minggu (13/1), bakabar.com melihat ada cukup banyak aktivitas masyarakat yang dilakukan di pantai yang berada di tenggara Pulau Kalimantan.

Agak jauh di pinggir pantai, beberapa anak-anak bermain pasir sambil sesekali menceburkan dirinya ke air.

Ada juga yang datang ke pantai untuk berenang. Beberapa di antaranya hanya berdiri di ujung pantai untuk melihat laut lebih luas.

Baca Juga:Kembangkan Pariwisata, Begini Strategi Pemkab Tanbu

Tepat di depan panggung budaya, sekelompok ibu-ibu menggelar senam bersama. Dengan iringan musik yang up beat, ibu-ibu memeragakan gerakan senam dengan semangat, meski keluaran suara dari speaker berukuran mini tak ramah di telinga.

Sebelum pukul 08.00 wita, barisan emak-emak berkerudung membubarkan diri.

Di sudut lainnya, beberapa anak bermain di arena skateboard yang tak jauh dari bibir pantai. Arena ini memang tidak dibuat khusus untuk skateboard, tetapi desain ini memungkinkan untuk dibuat arena bagi mereka.

Beberapa pesepeda mengayuh sepedanya dari area pantai sampai lapangan Sepakbola 7 Februari. Para goweser tak hanya berasal dari kelompok orang dewasa, tapi juga anak-anak. Sebagian dari mereka menggunakan helm dan kostum khas goweser.

Tak jauh dari tugu pantai Pagatan, sejumlah pengunjung memilih bersantai di pendopo yang didesain dengan cukup bagus. Sementara sejumlah pedagang juga terlihat asyik menikmati suasana pantai di pagi hari.

Ada pedagang bakso, sate ayam, pop ice, sampai gulali. Setiap akhir pekan mereka memang biasa berjualan di Pantai Pagatan.

“Kalau akhir pekan saya sudah biasa buka gerobak di sini sambil jualan,” sebut Rohman, seorang pedagang sate, sambil mengibaskan kipasnya.

Maulida, juga termasuk warga yang mengisi akhir pekannya di Pantai Pagatan. Dia bersama keluarganya menggelar tikar mini sambil menikmati nasi kuning "masak habang" yang khas.

Dia mengatakan, di Pagatan terdapat banyak pedagang nasi kuning yang enak. Dan tempat yang tepat untuk menikmati nasi kuning, katanya, adalah di pantai Pagatan.

“Suasananya asyik,” kata Maulida, singkat.

Reporter : Puja Mandela
Ediitor : Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner