Hot Borneo

Panglima TNI Usul Penambahan Alutsista untuk Jaga IKN Nusantara

apahabar.com, JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengusulkan penambahan alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk…

Featured-Image
Jenderal Andika Perkasa dapat persetujuan DPR RI jadi Panglima TNI. Foto-Antara

bakabar.com, JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengusulkan penambahan alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk pengamanan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

“Kita mengajukan penambahan kekuatan personel dan juga alutsista, tapi yang jelas kan kita juga tidak mungkin mendapatkan dukungan secara ideal,” ucap Jenderal Andika dilansir CNN Indonesia, Kamis (25/5) siang.

Menurut mantan KSAD itu pengadaan alat peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam) periode 2020-2024 sudah benar-benar cost effective atau hemat biaya berdasarkan nilai anggaran pemerintah.

Andika melihat belanja alutsista merupakan sesuatu yang kompleks.

“Karena memang dalam me-manage alutsista itu kan bukan hanya menggunakan, tapi juga memelihara sedemikian rupa sehingga masa pakainya lama,” katanya.

Andika memastikan penyelenggaraan pertahanan ibu kota negara akan selalu optimal meski dengan segala keterbatasan yang ada. Langkah relokasi aset pun dimungkinkan.

“Kalau pun yang baru belum ada kita akan shifting relokasi dari aset-aset kami di titik-titik yang ada. Intinya ya harus kita buat maksimal pengamanan ibu kota baru,” tegasnya.

Sebelumnya, Andika menyatakan bahwa alutsista yang dimiliki Indonesia saat ini masih sangat kurang.

“Memang kalau dilihat dari alutsista kita, memang kurang banyak sekali. Bukan hanya di udara, tapi di matra darat dan laut,” kata Andika.

Andika mengatakan itu merespons pernyataan Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto ihwal pertahanan udara IKN baru rentan ancaman eksternal.

Andi Widjajanto mengatakan pemindahan Ibu Kota perlu disertai dengan perubahan paradigma pertahanan.



Komentar
Banner
Banner