Syarat Capres 2024

PAN Sebut Calon Presiden Harus Penuhi 2 Faktor Ini

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi, menyebut calon presiden harus memenuhi faktor ideologi dan faktor elek

Featured-Image
Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi (Foto: Dok. DPR)

bakabar.com, JAKARTA -  Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi, menyebut calon presiden harus memenuhi faktor ideologi dan faktor elektabilitas.

Soal pengumuman pasangan calon yang akan diusung saat pemilihan presiden dari partai politik atau koalisi pertai akan saling berpengaruh satu dengan yang lainnya.

"Sehingga proses pembentukan paslon yang sudah terkonsolidasi tentu akan segera diumumkan. Masing-masing partai dan koalisi saling menunggu, siapa yang akan start duluan," kata Viva, di Jakarta, Selasa (18/4).

Baca Juga: Gerindra Klaim PAN-PBB-Perindo Sepakat Dukung Prabowo Capres 2024

Viva mengatakan hingga saat ini calon presiden belum diumumkan karena masih melihat faktor-faktor calon presiden.

Menurutnya faktor tersebut mempengaruhi ideologi yang diukur  dari basis konsistuen partai berdasarkan pada perolehan suara dan kursi di pemili sebelumnya.

Kemudian memiliki faktor elektabilitas figur untuk memenangi kompetisi pilpres yang diukur dari hasil lembaga survei yang kredibel, jujur, dapat dipercaya, dan tidak menjadi alat legitimasi politik melalui cara ilmiah akademis, atau menjadi alat pemuja.

Baca Juga: Digoda Jokowi Soal Capres, Megawati Tak Goyah

Viva menambahkan dua faktor tersebut nantinya menjadi hal penting bagi seluruh partai politik untuk menetapkan pasangan calon presiden.

"Nanti pada waktunya semua akan mengkerucut menemukan formula dan konfigurasi politik dalam paslon yang akan diusung di pilpres 2024," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner