Wisata Ke Planet Mars

Paket Wisata ke Planet Mars, Intip Harga dan Destinasi yang Ditawarkan

Planet yang dikenal dengan sebutan planet merah ini memiliki banyak tempat yang unik bahkan ekstrem.

Featured-Image
Berwisata ke Planet Mars (Foto: dok.JabarEkspres)

bakabar.com, JAKARTA - Planet mars akan menjadi destinasi tujuan wisata di masa depan. Planet ini memiliki dataran datar yang dimana hal itu merupakan alasan keamanan dalam misi pendaratan.

Planet yang dikenal dengan sebutan planet merah ini memiliki banyak tempat yang unik bahkan ekstrem.

Betapa tidak, sebab planet ini memiliki gunung berapi yang besar, ngarai yang dalam, dan kawah yang mungkin menampung air yang mengalir.

Hal tersebut akan menjadi lokasi yang luar biasa untuk dijelajahi oleh wisatawan luar angkasa di masa depan.

Laman eksplorasi dan inovasi antariksa Space.com merilis daftar tempat di Mars sebagai tujuan wisata masa depan:

1. Olympus Mons

Olympus Mon adalah gunung berapi paling ekstrim di tata surya yang terletak di wilayah vulkanik Tharsis, ukurannya hampir menyerupai dengan negara Arizona.

Gunung ini mempunyai tinggi 25 kilometer dan tingginya hampir tiga kali tinggi dari Gunung Everest di Bumi.

Olympus Mons adalah gunung berapi perisai raksasa. Meski begitu, gunung ini mungkin mudah didaki oleh para penjelajah masa depan karena kemiringannya

rata-rata hanya 5 persen. Di puncaknya terdapat depresi spektakuler dengan lebar sekitar 85 kilometer, dibentuk oleh ruang magma yang kehilangan lava dan runtuh. 

2. Gunung Berapi Tharsis

Tharsis merupakan sebuah Kawasan yang menampung 12 gunung berapi raksasa yang lebarnya kira-kira 4.000 km.

Sama seperti Olympus Mons, gunung berapi ini lebih besar daripada gunung berapi di bumi. Mars mempunyai tarikan gravitasi yang lebih lemah yang memungkinkan gunung berapi tumbuh lebih tinggi.

3. Valles Marineris

Mars tidak hanya memiliki Gunung berapi terbesar di tata surya, tapi juga dikenal memiliki ngarai yang lebar, salah satunya adalah Valles Marineris. Memiliki panjang kurang lebih 1850 mil atau 3000 km.

Menurut Nasa, hal tersebut empat kali lebih panjang dari Grand Canyon di Amerika Serikat yang memiliki panjang sekitar 500 mil (800 km).

Para peneliti tidak yakin bagaimana Valles Marineris ini terbentuk, tapi ada beberapa teori yang menyatakan bahwa wilayah ini muncul ketika wilayah Tharsis terbentuk 

4. Kawah Gale (Aeolis Mons)

Menjadi terkenal dengan pendaratan penjelajah Coriosity NASA pada tahun 2012, Kawah Gale merupakan tuan rumah bagi banyak bukti air masa lalu.  Curiosity menemukan dasar sungai dan molekul organic kompleks.

Hasil amatan pada 2018 itu menunjukkan bahwa molekul organic tersebut berada dalam batuan berusia 3,5 miliar tahun.

Selain itu, wahana penjelajah dalam misi Coriosity juga menemukan adanya perubahan konsentrasi metana di atmosfer selama pergantian musim.

Daerah ini mungkin bisa menjadi salah satu destinasi wisata Mars yang menarik di masa depan. 

Inilah beberapa destinasi wisata Mars yang bisa dijelajahi. Elon Musk sangat berambisi membawa manusia ke Mars menggunakan pesawat ruang angkasa, SpaceX.

Bahkan ia pun berencana untuk membangun kota yang bisa ditinggali oleh manusia dalam beberapa dekade mendatang.

Harga tiket yang ditawarkan untuk menjelajahi Mars yakni US$100 ribu atau sekitar Rp1,4 miliar.

Dengan harga tersebut, Elon Musk ingin siapapun bisa ke Planet Mars menggunakan pesawat ruang angkasanya tersebut. Apakah Anda tertarik?

Editor


Komentar
Banner
Banner