Kalteng

Padi yang Ditanam Warga Binaan Rutan Kuala Kapuas Kalteng Akhirnya Dipanen

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Padi yang ditanam warga binaan Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas,…

Featured-Image
Panen perdana padi yang ditanam oleh warga binaan Rutan Kapuas di Desa Bunga Mawar. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Padi yang ditanam warga binaan Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalteng di Desa Bunga Mawar, Handel Gabin, Kecamatan Pulau Petak akhirnya dipanen, Kamis (3/9).

Padi yang dipanen di lahan seluas 4 hektare tersebut merupakan program Open Camp Bunga Mawar kerjasama Rutan Kuala Kapuas dengan Kelompok Masyarakat Peduli Permasyarakatan.

Kepala Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto mengatakan dalam program ini pihaknya memulai proses awal dari Maret 2020 dalam mengelola lahan tidur di Desa Bunga Mawar yang disediakan oleh masyarakat sekitar.

"Pada lahan yang digarap ini, kami menanamkan bibit padi siam hasil sumbangan masyarakat yang pada saat ini sudah dapat kita panen bersama,” katanya.

Dari luas lahan 4 hektare tersedia, yang baru tergarap hanya seluas 1,5 hektare. “Kami akan berusaha untuk melanjutkan sisanya untuk digarap bersama warga binaan,” ujar Toni.

Sementara itu Camat Pulau Petak, Seflihi, yang hadir dalam kegiatan panen perdana menyambut baik adanya program Open Camp Bunga Mawar tersebut.

Karenanya, Seflihi mengapresiasi seluruh jajaran Rutan beserta warga binaannya yang telah berhasil mengolah lahan yang sebelumnya merupakan lahan tidur, sehingga dapat dimanfaatkan menjadi lahan pertanian.

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner