Penjualan Mobil

Pada April 2023 Secara Nasional Penjualan Mobil Turun, Penyebabnya?

Penjualan mobil secara nasional mengalami penurunan pada April 2023 dibanding bulan sebelumnya.

Featured-Image
Penjualan mobil secara nasional menurun pada April 2023. Foto: dok. Mitsubishi

bakabar.com, JAKARTA - Penjualan mobil secara nasional mengalami penurunan pada April 2023 dibanding bulan sebelumnya.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil secara keseluruhan terjual sebanyak 58.991 unit.

Jumlah tersebut menjadi yang terkecil di 2023, atau turun sekitar 41 persen dibandingkan pada Maret 2023.

“Penjualan mobil Astra pada kuartal I 2023 meningkat sebesar 6 persen secara tahunan. Sementara penjualan mobil Astra di bulan Maret 2023 meningkat sebesar 13 persen dibandingkan dengan Februari 2023," Head of Corporate Communications Astra, Boy Kelana Soebroto seperti dilansir bakabar.com Jakarta dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Mobil Mewah Jokowi Terobos Jalan Rusak di Lampung!

"Sepanjang 3 bulan pertama 2023, Astra berhasil menjual 150.006 unit mobil atau mewakili 53 persen pangsa pasar nasional,” sambungnya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan drastis, di antara lain adanya hari Raya Idulfitri, yang berimbas kepada hari kerja yang lebih pendek ketimbang bulan lainnya.

Selain itu, banyaknya hari libur menyebabkan banyak pelaku bisnis maupun pelanggan yang menghabiskan waktunya lebih panjang bersama keluarga masing-masing.

Menurut data yang ada, mobil Toyota dan Lexus menjadi yang terlaris dengan perolehan penjualan sebanyak 21.818 unit. Lalu disusul oleh Daihatsu di urutan kedua sebanyak 10.778 unit.

Baca Juga: Curi Mobil Baru Diturunkan Ekspedisi di Pelabuhan Semayang, Pelaku Kabur ke Banjarmasin

Lalu, ada Mitsubishi di urutan ketiga dengan perolehan penjualan dengan 7.649 unit.

Di urutan keempat, ada Honda yang menorehkan angka penjualan sebanyak 4.955 unit. Suzuki pun menempati urutan kelima dengan 4.668 unit.

Editor
Komentar
Banner
Banner