Megaproyek IKN

Otorita IKN Ingin Bangun Museum Berteknologi Futuristik

Ibu Kota Nusantara (IKN) digadang punya museum berteknologi futuristik. Otorita sedang membahas pembangunannya bersama France Museums.

Featured-Image
Konsep kota masa depan Ibu Kota Nusantara (IKN). Sumber: Otorita IKN

bakabar.com, JAKARTA - Ibu Kota Nusantara (IKN) digadang punya museum berteknologi futuristik. Otorita membahas pembangunannya bersama France Museums.

"Sekarang banyak konsep museum yang lebih masa depan. Misalkan dengan penggunaan teknologi hologram," kata Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono dikutip, Minggu (8/10).

Beberapa waktu lalu, pihak Otorita IKN bertandang ke France Museums. Momentum itu jadi ajang berbagi pengetahuan soal museum berteknologi futuristik.

Baca Juga: Taksi Terbang Bakal Jadi Tradisional Futuristik IKN

Banyak hal yang didiskusikan bersama Direktur Proyek Khusus France Museums, Junia Jorgji. Juga dengan Herve Barbaret selaku direktur umumnya.

Dalam diskusi, satu hal yang menjadi kesimpulan. Kunci keberhasilan pembangunan museum tergantung aspek keunikannya.

Di IKN tentu saja bisa diterapkan. Dengan teknologi yang futuristik, tapi dapat merepresentasikan karakter Nusantara. Kata Junia Jorgji, ini kesempatan baik untuk berpikir out of the box.

Baca Juga: Indonesia Rayu Prancis Gabung Megaproyek IKN

"Yang penting adalah, jangan mencontoh sesuatu yang sudah ada," katanya.

Selain itu, hal yang menjadi unsur penting di dalam museum. Yakni menciptakan teknologi adaptif. Sederhananya, jangan sampai mudah ketinggalan zaman. Boleh disebut, mesti timeless.

Contohnya seperti di Prancis. Di mana seiring berjalannya waktu pengunjung di beberapa museum makin berkurang. "Hal ini dikarenakan kurang dimaksimalkannya dua hal penting yaitu keunikan dan teknologi yang adaptif," timpal Herve Barbaret.

Editor


Komentar
Banner
Banner