Tak Berkategori

Omicron Masuk Indonesia, Harga Emas Bisa ‘Meledak’

apahabar.com, JAKARTA – Masuknya varian Omicron ke Indonesia bisa berdampak pada harga emas. Direktur TRFX Garuda…

Featured-Image
Harga emas berpeluang meroket hingga mendekati Rp 1 juta per gram. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA – Masuknya varian Omicron ke Indonesia bisa berdampak pada harga emas.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan harga emas berpeluang meroket hingga mendekati Rp 1 juta per gram, tepatnya Rp 980 ribu. Sebab, ada kemungkinan harga emas dunia tembus US$ 1.900 per troy ons, dan kurs rupiah bisa menyentuh level Rp 14.400 per dolar AS.

“(Harga emas) US$ 1.900 dibagi 31,1, itu adalah troy ons diubah jadi gram, (hasilnya) sama dengan 61,09324 dikali dengan rupiah 14.400, di sini emas ini kemungkinan di akhir tahun itu Rp 880 ribu per gram,” katanya kepada detikcom, Senin (20/12/2021).

Harga emas Rp 880 ribu itu lalu ditambah dengan ongkos dan sertifikat sebesar Rp 100 ribu maka harga akhirnya adalah Rp 980 ribu per gram.

“Ditambah dengan ongkos sama sertifikat Rp 100 ribu menjadi R 980 ribu per gram, hampir menyentuh Rp 1 juta kalau di akhir tahun ini menyentuh level di US$ 1.900 (per troy ons). Tapi saya optimis tembus mendekati 1.900,” sebutnya.

Hal itu memungkinkan terjadi karena Omicron cukup menarik perhatian pelaku pasar terutama tentang masalah laju penyebarannya. Ibrahim mengutip pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai penyebarannya yang sangat cepat.

“WHO sendiri mengatakan bahwa Omicron ini akan meningkat dua kali lipat selama 1,5 hingga 3 hari. Artinya penyebaran Omicron itu setiap hari mutasinya akan cukup luar biasa kalau memang tidak dilakukan sterilisasi ya berupa lockdown satu wilayah,” jelasnya.



Komentar
Banner
Banner