LIFESTYLE

Omega 3 dan Efek Dahsyatnya Bagi Tubuh

Omega 3 adalah jenis asam lemak yang penting bagi tubuh manusia.

Featured-Image
Omega 3 merupakan asam lemak yang penting bagi tubuh

bakabar.com, JAKARTA - Omega 3 adalah jenis asam lemak yang penting bagi tubuh manusia.

Omega 3 memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun asam lemak ini tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh. Untuk memenuhi asam lemak tubuh, dibutuhkan asupan dari makanan ataupun suplemen yang mengandung omega 3.

Terdapat tiga jenis omega 3 yang penting dikonsumsi oleh tubuh, yaitu Docosahexaenoic Acid (DHA), Eicosapentaenoic Acid (EPA), dan Alpha-Linolenic Acid (ALA).

ALA adalah asam lemak yang membantu penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung. ALA banyak dijumpai di makanan nabati seperti kangkung, bayam, krokot, kedelai, dan kenari. Selain itu ALA juga dapat ditemukan di biji-bijian.

DHA adalah asam lemak utama yang menyusun retina mata dan membantu mengurangi risiko masalah mata seperti kehilangan penglihatan sentral. Asam lemak ini dapat ditemukan di ikan berlemak dan alga. Seperti salmon, sarden, dan tuna.

EPA adalah molekul yang dapat mengurangi peradangan. Sama seperti DHA, EPA dapat ditemukan di ikan berlemak dan alga.

Manfaat omega 3 adalah dapat mengurangi peradangan. Omega 3 dapat membuat senyawa anti inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan melindungi sel dari kerusakan.

Selain itu banyak sekali manfaat dari mengonsumsi omega 3, seperti mencegah kanker, mencegah demensia, menjaga kesehatan mata, menurunkan risiko penyakit dan lainnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner