Minyak Ikan

Konsumsi Minyak Ikan Tak Bisa Sembarangan, Wajib Sesuai Dosis

Ikan mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan, banyak orang memilih suplemen minyak ikan tanpa memperhatikan aturan pemakaiannya.

Featured-Image
Suplemen Minyak Ikan. Foto: Dok. Cleveland Clinic

bakabar.com, JAKARTA - Ikan mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan, banyak orang memilih pil untuk memenuhi manfaat tersebut tanpa memperhatikan aturan pemakaiannya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan mengonsumsi 1 hingga 2 porsi ikan dalam seminggu. Karena lemak omega 3 pada ikan seperti makarel, tuna dan salmon memiliki banyak manfaat kesehatan.

"Seseorang yang mengonsumsi omega-3 langsung melalui ikan memiliki risiko lebih rendah terkena kardiovaskular dibanding yang tidak mengonsumsinya," ujar Luke Laffin, dokter dibidang kardioviskular, dikutip dari Cleveland Clinic.

Menurutnya mengonsumsi satu gram ikan yang kaya omega-3 perhari dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi inflamasi pada tubuh dan mengurangi risiko penggumpalan darah.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Kulit dari Bahaya Polusi Buruk

Namun mengonsumsi minyak ikan dalam bentuk suplemen tidak boleh sembarang, karena memiliki efek samping seperti nyeri dada, masalah pencernaan hingga mimisan. 

Adapun takaran yang direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan adalah kurang dari 3 gram per hari.

"Banyak ahli jantung berpendapat bahwa masih harus meneliti lebih dalam mengenai dosis minyak ikan dalam bentuk suplemen," ucap Laffin.

Pada 2021, peneliti mengamati 13 ribu pasien yang sebelumnya mengonsumsi statin untuk menurunkan kolestrol, dan menemukan fakta bahwa fish oil dengan dosis tinggi tidak memilih banyak pengaruh dalam mengurangi penyakit jantung. 

Penelitian berakhir lebih awal saat peneliti menemukan bahwa fish oil tidak menunjukkan manfaat apapun dan kemungkinan fibrilasi atrium yaitu sebuah gejala jantung berdebar dan tidak teratur yang dapat menyebabkan stroke.

Baca Juga: Segelas Wine Sehari Ternyata Bagus untuk Kesehatan Jantung

Dibalik kontroversialnya, suplemen minyak ikan memiliki manfaat jika dikonsumsi sesuai aturan, diantaranya mengurangi rasa sakit saat nyeri menstruasi dan menyehatkan janin dalam kandungan.

Untuk pemilik penyakit jantung, Dr. Laffin menyarakan untuk betkonsultasi terlebih dahulu dengang dokter terkait mengenai pengonsumsian suplemen ini. Ia juga lebih menyarankan untuk memakan ikan secara langsung guna memenuhi kebutuhan harian.

Editor


Komentar
Banner
Banner