Hot Borneo

Nyaris Seratus Sekolah di HST Terancam Ditutup!

apahabar.com, BARABAI – Sebanyak 96 sekolah dasar di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terancam ditutup. Sebabnya,…

Featured-Image
Sebanyak 96 sekolah dasar di HST terancam ditutup imbas krisis murid. Foto: Istimewa

bakabar.com, BARABAI – Sebanyak 96 sekolah dasar di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terancam ditutup. Sebabnya, sekolah-sekolah tersebut kekurangan murid.

Dinas Pendidikan Kabupaten HST tengah melakukan kajian secara komprehensif terhadap sebanyak 96 SD negeri maupun swasta yang siswanya kurang dari 60 orang.

“Se-HST memang ada 96 SD yang siswanya kurang dari 60 orang, namun Tahun 2022 ini kita fokus melakukan kajian terhadap 10 SD yang berada di Kecamatan Barabai dulu,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan HST Muhammad Anhar, dikutip dari Antara, Sabtu (21/5).

Menurutnya, kajian secara menyeluruh terhadap sekolah-sekolah di Kecamatan Barabai tersebut terkait perencanaan penempatan siswa dan guru yang sekolahnya bakal ditutup serta pemanfaatan bangunan sekolah yang ke depannya agar tidak terbengkalai.

Menurutnya, penutupan sekolah memang harus dilakukan, karena menyesuaikan dengan keadaan di mana anak usia sekolah yang saat ini semakin berkurang di suatu daerah.

Ada beberapa kriteria walaupun SD tersebut di beberapa kecamatan siswanya kurang dari 60 orang, pihak Dinas Pendidikan tetap akan mempertahankan.

Di antaranya adalah satu-satunya SD dalam satu desa, berada di daerah terpencil, jarak antar-sekolah terdekat sekitar 4 kilometer dan sekolah swasta.



Komentar
Banner
Banner