Nasional

Dinas Pendidikan Gelar Festival Teater Modern Tingkat SMP se-HST

Mengusung tema “Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Seni Teater” sebagai bentuk upaya dan dukungan pemerintah dalam pemajuan seni dan budaya.

Featured-Image
Technical Meeting Pelaksanaan Teater Modern se-HST di Aula ITC Disdik HST. Foto-istimewa.

bakabar.com, BARABAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) akan menggelar Festival Teater Modern tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Mengusung tema “Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Seni Teater” ini merupakan upaya dan dukungan pemerintah dalam pemajuan seni dan budaya di Bumi Murakata.

Tema tersebut mengadaptasi cerpen yang sudah disiapkan panitia yang berkaitan dengan lokalitas HST.

Kepala Dinas Pendidikan HST Muhammad Anhar menyebut agenda ini merupakan yang pertama kali digelar.

“Tujuannya untuk mewadahi minat dan bakat pelajar jenjang SMP pada bidang seni teater modern,” ungkap Anhar.

Baca Juga: Polisi Ungkap Penyebab Terbakarnya Gudang Minyak di Liang Anggang Banjarbaru

Festival Teater Modern ini terhitung diikuti 22 SMP se-HST sejak pendaftaran dibuka pada 29 Agustus – 05 September 2023.

Sementara itu, Plt Kasi Kesenian dan Kebudayaan Disdik HST Masruswian menjelaskan setiap sekolah hanya diperkenankan mengirimkan satu tim.

"Satu tim maksimal diisi 25 anggota, dengan durasi penampilan maksimal 30 menit, termasuk setting panggung," jelasnya.

Pelaksanaan lomba berlangsung 13-14 Oktober 2023 pukul 20.00 Wita sampai selesai, dengan tempat penyelenggaraan di Gedung Juang Barabai.

Baca Juga: Bangunan di Jalan Jeruk Banjarbaru Hangus Terbakar, 'Pasukan Ember' Bantu Pemadaman

Dalam proses penilaian, Festival Teater Modern ini, Disdik HST mempercayakan kepada tiga dewan juri yakni: Edi Sutardi, yang merupakan Dosen Seni STIKP Banjarmasin, Ketua Bidang Teater Dewan Kesenian HST Rama Haur Kuning selaku, dan Budayawan HST Rezqie M.A Atmanegara.

Masruswian berharap satuan sekolah yang berpartisipasi mulai melakukan segala persiapan mengikuti Festival Teater Modern agar memberikan penampilan terbaiknya.

Editor


Komentar
Banner
Banner