Sepak Bola Internasional

Noel Le Graet Mundur dari Jabatan Presiden FFF Usai Menghina Zidane

Noel Le Graet mengundurkan diri sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Prancis, (FFF) selang beberapa hari mengeluarkan komentar yang meremehkan Zinedine Zidane.

Featured-Image
Presiden FFF Prancis mengundurkan diri beberapa hari setelah mengeluarkan pernyataan yang merendahkan Zinedine Zidane. (Foto: dok. fff)

bakabar.com, JAKARTA - Noel Le Graet mengundurkan diri sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Prancis, (FFF) selang beberapa hari mengeluarkan komentar yang meremehkan Zinedine Zidane.

Pria berumur 81 tahun itu sempat meminta maaf dan mengakui bahwa dirinya ceroboh, saat wawancara oleh Radio RMC Prancis soal rencana Zidane sebagai pelatih Prancis, dengan mengatakan ia tidak akan mengangkat telepon dari Zidane dan tidak peduli apapun yang Zidane lakukan.

Akibat pernyataan kontroversial tersebut, Le Graet mendapat banyak kritik termasuk dari penyerang andalan tim nasional Prancis, Kylian Mbappe dan mantan klub Zinedine Zidane, Real Madrid.

Sejumlah pihak di Federasi Sepak Bola Prancis juga geram, karena Le Graet tidak melakukan diskusi sebelum memperpanjang kontrak Didier Deshamps untuk menjadi pelatih Prancis.

Baca Juga: Jonatan 'Jojo' Christie Tersingkir dari Malaysia Open 2023

Pengunduran diri Le Graet dilakukan menyusul pertemuan darurat yang dilakukan FFF di Paris, sambal menunggu temuan dari penyelidikan yang sedang berlangsung oleh Kementerian Olahraga Prancis.

“Noel Le Graet, dalam persetujuan dengan komite eksekutif pertemuan FFF hari ini di Paris, telah memilih untuk menarik diri dari tugasnya sebagai presiden Federasi sampai komunikasi terakhir dari audit yang dilakukan oleh Kementeria Olahraga Prancis, dan menunggu analisisnya oleh Comex (Komite Eksekutif) FFF,” tulis Federasi Sepak Bola Prancis dikutip dari The Guardian.

Selain itu, FFF juga mencopot manajer umum Florence Hardouin sebagai bentuk pencegahan. Wakil Presiden FFF Philippe Diallo akan mengambil alih posisi presiden dan manajer umum untuk sementara.

“Comex FFF juga telah memutuskan memberhentikan Florence Hardouin, manajer umum FFF, sebagai tindakan pencegahan. Mulai hari ini, Philippe Diallo, wakil presiden FFF, akan bertindak sebagai manajer interim dari dua fungsi tersebut,” tutup FFF.

Editor


Komentar
Banner
Banner