Kalsel

Musrenbang RKPD 2023 Tabalong, Ratusan Usulan Disampaikan Kecamatan Banua Lawas dan Pugaan

apahabar.com, TANJUNG – 437 usulan disampaikan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pada Rencana Kerja Pembangunan Daerah…

Featured-Image
Sebanyak 437 usulan pembangunan dan lainnya disampaikan Camat Banua Lawas dan Pugaan pada Musrenbang RKPD tahun 2023 Tabalong. Foto-apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG – 437 usulan disampaikan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pada Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2023 Kabupaten Tabalong, Rabu (16/2) di Halaman Kantor Camat Banua Lawas.

Ratusan usulan tersebut berasal 383 dari wilayah Kecamatan Banua Lawas dan 54 dari Kecamatan Pugaan.

Untuk Banua Lawas 383 usulan itu terdiri dari 162 usulan pembangunan infrastruktur, 64 usulan tentang pengembangan perekonomian dan pelayanan publik 157 usulan.

Camat Banua Lawas, H Fariduddin mengatakan, dari semua usulan itu ada 9 yang menjadi skala prioritas, yaitu peningkatan jalan Tabur - Sei Durian sepanjang kurang lebih 6 Km, pelebaran dan peningkatan jalan Banua Lawas – Hariang – Sei Rukam I Kecamatan Pugaan sekitar 10 Km.

Kemudian, pelebaran dan peningkatan jalan Banua Lawas – Hapalah sekitar 5 Km, peningkatan jalan Sei Durian – Batang Banyu sekitar 1,5 Km, pembuatan jembatan Talan – Bahungin (lanjutan).

“Selain itu, peningkatan jalan Sei Durian ke perbatasan Hulu Sungai Utara (HSU), rehab kantor Camat Banua Lawas, pemasangan pipa jaringan air minum Desa Banua Lawas RT 07-08 dan pemasangan pipa jaringan air minum Desa Sei Anyar RT 05 sampai 07,” bebernya.

Sementara itu, Camat Pugaan Rony Saputra mengatakan, pada Musrenbang kali ini pihaknya menyampaikan 54 usulan pembangunan.

Usulan tersebut terdiri dari Desa Sungai Rukam I ada 10 usulan, Desa Sungai Rukam II 5 usulan, Desa Tamunti 6 usulan, Desa Jirak 9 usulan.

Kemudian, Desa Pugaan 3 usulan, Desa Pampanan 6 usulan dan Desa Halangan 15 usulan.

“Semua usulan dari desa tersebut merupakan prioritas dan mendesak sehingga kami berharap semuanya bisa diakomodir Pemkab Tabalong,” harap Rony.

Rony bilang usulan-usulan itu di antaranya pembangunan siring sungai, pengaspalan jalan, pengerukan sungai, pembangunan jalan, penyediaan air bersih, pembuatan tambak air tawar beserta bibitnya hingga pembuatan tanggul persawahan.

“Dalam usulan tersebut kami juga berharap pembangunan kantor Camat Pugaan dan gedung PKK serta peninggian halaman kantornya karena jika hujan deras dan sungai di belakang meluap akan kebanjiran,” pungkas Rony Saputra.



Komentar
Banner
Banner