Musim Hujan

Musim Hujan Bikin Nafsu Makan Meningkat, Ini Penjelasannya

Saat musim hujan seringkali rasa lapar dan keinginan makan jadi meningkat. Ternyata memang ada sebabnya.

Featured-Image
Meningkatnya rasa lapar saat musim hujan terjadi karena beberapa faktor.

bakabar.com, JAKARTA – Saat musim hujan seringkali rasa lapar dan keinginan makan jadi meningkat. Ternyata memang ada sebabnya.

Musim hujan identik dengan rasa lapar terus menerus. Sebab, ketika hujan maka suhu udara menjadi dingin dan membuat perubahan pada suhu tubuh.

Suhu tubuh akan menurun dan tubuh mencari cara untuk menambah panas. Salah satu caranya adalah dengan makan.

“Proses makan dan mencerna makanan sebenarnya bisa sedikit meningkatkan suhu tubuh kita, jadi wajar jika tubuh kita memberi sinyal agar kita makan lebih banyak sebagai cara untuk membuat kita hangat,” ujar ahli diet Bri Bell, melansir dari Eating Well.

Dilansir dari Everyday Health, ketika cuaca yang mendung dan minimnya sinar matahari yang mengenai badan akan menurunkan hormon seretonin pada otak.

Baca Juga: Masuk Musim Hujan, Ini Tips Merawat Rambut agar Tak Mudah Berketombe

Hormon seretonin merupakan hormon kebahagiaan dan juga berfungsi pada sistem pencernaan manusia. Tubuh yang kekurangan seretonin akan merespon dengan memberikan rasa lapar. Sehingga mengonsumsi makanan dapat meningkatkan hormon serotonin.

“Meskipun setiap orang berbeda, namun biasanya orang merasa lebih lapar di saat cuaca dingin,” ujar Bell.

Selain itu faktor hormon juga dapat meningkatkan nafsu makan.  Studi yang diterbitkan di Frontiers In Neuroscience menjelaskan bahwa kadar leptin dan ghrelin yang merupakan hormon pemicu rasa kenyang meningkat saat musim dingin.

Mengonsumsi karbohidrat dapat meningkatkan hormon serotonin. Namun perlu untuk tetap mengonsumsi makanan yang bergizi dan menghangatkan, seperti sup, semur, salad, dan lainnya.

Perlu diketahui bahwa saat musim dingin, tubuh tidak membutuhkan lebih banyak makanan dibandingkan musim lainnya. Sehingga perlu untuk tetap menjaga pola makan tanpa berlebihan.

Editor
Komentar
Banner
Banner