News

Mulai dari CT-Scan Hingga Berwawasan Luas, Berikut Syarat Mutlak Menjadi Anggota Paskibraka Nasional

apahabar.com, JAKARTA – Upacara Hari Kemerdekaan RI merupakan agenda penting di setiap tahunnya. Dan yang tak…

Featured-Image
Paskibraka Nasional (Foto: InfoPublik)

bakabar.com, JAKARTA - Upacara Hari Kemerdekaan RI merupakan agenda penting di setiap tahunnya. Dan yang tak kalah pentingnya adalah keberadaan para pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang kerap menjadi perhatian khalayak.

Betapa tidak, eksistensi pemuda-pemudi yang tergabung dalam barisan Paskibraka Nasional tersebut, adalah mereka yang terpilih secara ketat dari seluruh provinsi di Indonesia. Mereka telah berlatih keras untuk mempersembahkan yang terbaik saat pengibaran maupun penurunan bendera di Istana Merdeka Jakarta.

Prosesi upacara yang ditayangkan secara langsung di sebagain besar televisi nasional, membuat ajang seleksi Paskibraka mejadi sangat prestisius bagi mereka yang berhasil lolos.

Namun, tentu saja buka hal mudah untuk bisa terpilih jadi Paskibraka. Selain wajib memiliki postur tubuh yang tegap dan proposional. Masih ada sejumlah syarat lain yang wajib dimiliki oleh calon Paskibraka.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa syarat penting serta proses seleksi utama untuk menjadi seorang Paskibraka.

Seleksi awal

Rekrutmen dilakukan secara berjenjang dan bertahap. Sebelum ke tingkat nasional, terlebih dahulu seleksi dilakukan di sekolah. Setelah mewakili sekolah, selanjutnya mengikuti seleksi antar sekolah di tingkat kabupaten atau kota untuk melangkah ke tahap seleksi tingkat provinsi.

Pada tahapan ini biasanya dilakukan di kota maupun kabupaten dengan mengirimkan perwakilan sebanyak 4 orang calon Paskibraka.Di tingkat provinsi para perwakilan tersebut akan mengikuti proses seleksi lanjutan dan mengikuti seleksi Paskibraka di tingkat nasional.

Pada tahapan ini alurnya provinsi akan mengirimkan 2 perwakilan dengan berbagai macam syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.Setelah semua persyaratan sudah dipenuhi, maka selanjutnya bisa melakukan proses seperti berikut.

Seleksi peraturan baris berbaris

Selanjutnya ada seleksi peraturan baris-berbaris. Jadi para Calon Paskibraka (Capaskibraka) wajib memiliki kemampuan dalam peraturan baris-berbaris. Proses seleksi tersebut juga digunakan sebagai wujud latihan fisik untuk menanamkan rasa disiplin, patriotisme, dan rasa tanggung jawab sebagai pembentukan karakter.

Seleksi kesehatan

Salah satu syarat agar lolos untuk jadi Paskibraka adalah tidak memiliki penyakit atau sehat secara jasmani maupun rohani.

Tes kesehatan ini berlaku guna mengetahui metabolisme organ dalam Capaskibraka. Hal ini dilakukan untuk memastika jika peserta dalam keadaan sehat secara jasmani dan rohani, sehingga kesempatan menjadi seorang Paskibraka dapat dicapai.

Seleksi psikotes

Lalu masuk pada seleksi psikotes yang merupakan proses seleksi untuk mengetahui kemampuan psikologis dari setiap calon Paskibraka Nasional.

Seleksi postur tubuh

Memilki postur tubuh yang tegap dan proposional juga menjadi syarat penting bagi Capaskibraka. Untuk mengetahui seleksi postur tubuh, akan dilakukan rangkaian pemeriksaan dan penyertaan hasil computed tomography atau CT scan.

Agar bisa mendapatkan Capaskibraka dengan postur tubuh sempurna, pemeriksaan tersebut akan dilakukan secara ketat. Jika ada hasil yang tidak memenuhi kriteria maka bisa dinyatakan tidak lolos seleksi. Misalnya saja, calon Paskibraka dengan bentuk kaki O atau X.

Seleksi fisik

Seleksi fisik dilakukan untuk mengukur kekuatan fisik Capaskibraka. Misalnya, melalui push-up, sit-up, atau lari 12 menit. Tes fisik ini sangat penting untuk mempersiapkan calon Paskibraka yang matang sebelum mengikuti proses seleksi selanjutnya.

Seleksi wawancara

Seleksi wawancara ini merupakan salah satu tes untuk menilai karakter calon Paskibraka Nasional. Tentunya dalam melewati tahapan ini butuh banyak persiapan dan optimisme, sehingga peluang untuk menjadi seorang Paskibraka bisa didapatkan.

Tes kesenian daerah

Selanjutnya masuk pada tes kesenian daerah yang merupakan salah satu bentuk tahapan seleksi. Hal ini dilakukan untuk melihat jiwa seni yang dimiliki oleh individu tersebut. Jadi, bagi calon Paskibraka yang memiliki keunggulan dalam kesenian bisa ditunjukkan melalui tes yang satu ini.

Tes pengetahuan umum

Tahapan ini merupakan bentuk seleksi bagi para peserta berdasarkan pengetahuan tentang Paskibraka dan juga pengetahuan nasional dan pengetahuan internasional. jadi bukan hanya memiliki fisik yang proporsional dan sehat saja, tetapi para anggota paskibraka dituntut untuk memiliki wawasan yang luas juga.

Nah, itulah sejumlah syarat yang bisa mulai dipersiapkan jika ingin menjadi bagian dari barisan Paskibraka 2023 nanti. Semoga bermanfaat! (Leni)



Komentar
Banner
Banner