Mudik Lebaran 2023

Mudik Lebaran 2023, KSOP Batulicin: Jumlah Pemudik Naik 100 Persen

KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Samsuddin memprediksi jumlah penumpang kapal pada mudik 2023 meningkat 100 persen.

Featured-Image
PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan mengoperasikan tiga unit kapal untuk melayani pelayaran rute Batulicin-Surabaya, Surabaya-Sampit, Sampit-Batulicin dan Batulicin-Sulawesi Selatan. Foto: tanahbumbukab.go.id

bakabar.com, JAKARTA - Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, memprediksi jumlah penumpang kapal yang hendak mudik Lebaran 2023 atau Idulfitri 1444 Hijriah meningkat hingga 100 persen.

"Tahun lalu, jumlah pemudik yang menggunakan jasa transportasi laut dari Pelabuhan Samudera Batulicin menuju Pulau Sulawesi mencapai 16 ribu jiwa, sedangkan tahun ini diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga 32 ribu orang," kata Kepala Kantor KSOP Kotabaru-Batulicin Samsuddin di Batulicin, Kamis (6/4).

Untuk mengakomodir pemudik, pihak operator armada kapal PT Dharma Lautan Utama (DLU) dan PT Pelni Persero Cabang Batulicin telah menyiapkan delapan unit kapal untuk melayani pemudik rute Batulicin-Surabaya dan Batulicin-Sulawesi.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, Samsuddin. Foto: ANTARA
Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, Samsuddin. Foto: ANTARA

Saat ini, KSOP Batulicin telah melakukan tahap persiapan dan pencegahan terhadap hal yang tidak diinginkan dengan berkoordinasi dengan BMKG setempat untuk menyebarluaskan prakiraan cuaca kepada masyarakat agar mewaspadai cuaca buruk.

Baca Juga: Siap-Siap! Jalan Pintas Banjarbaru ke Batulicin Kelar di 2024

Selain itu, KSOP Batulicin mengoptimalkan potensi armada terutama ruas dengan jumlah penumpang tertinggi pada arus mudik/balik sehingga dapat mengurangi penumpukan penumpang.

Kemudian, memperbaharui informasi terkini jadwal kedatangan/keberangkatan kapal baik di pelabuhan atau melalui media sosial bagi perusahaan pelayaran.

menambahkan, pihaknya juga membuat mitigasi potensi risiko dan memperhitungkan kesiapan armada yang akan digunakan selama kegiatan angkutan laut Lebaran bersama mitra.

Serta memeriksa armada untuk memastikan kelayakan kapal berlayar dan dapat mengangkut calon penumpang sesuai dengan kapasitas kapal tersebut.

Baca Juga: Angkutan Lebaran 2023, PT DLU Cabang Batulicin Siapkan 45 Kapal

KSOP Batulicin juga berkoordinasi dengan TNI Polri untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para calon penumpang dengan membentuk posko lebaran. yang tersebar pada beberapa titik di Tanah Bumbu.

"Kami perkirakan, puncak arus mudik lebaran tahun ini akan terjadi pada H-2 Lebaran Idulfitri, oleh sebab itu kami meminta kepada calon pemudik agar dapat memanfaatkan posko layanan yang sudah kami buat. Pada layanan itu yang bersangkutan dapat menanyakan apapun yang berkaitan dengan informasi mudik lebaran," tandas Samsuddin.

Editor
Komentar
Banner
Banner