Arus Mudik 2023

Mudik Gratis PLN, Sediakan Bus untuk Kaum Difabel Tujuan Jakarta-Solo

Program mudik gratis bersama PLN kali ini terasa lebih spesial, karena memberangkatkan dua bus khusus bagi komunitas difabel dan keluarganya.

Featured-Image
Belasan Ribu Orang terpantau telah berangkat mudik ke kampung halaman masing masing yang berangkat dari Terminal Kalideres Jakarta Barat Rabu 19 April 2023, yakni H-3 menjelang Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 Hijirah, Rabu 19 April 2023, Foto : Apahabar.com (Andrew Tito)

bakabar.com, JAKARTA - Program mudik gratis bersama PLN kali ini terasa lebih spesial, karena memberangkatkan dua bus khusus bagi komunitas difabel dan keluarganya. Keberangkatan itu untuk merayakan lebaran 2023 di kampung halaman dengan tujuan akhir kota Solo dan Malang.

Agenda tahunan yang diinisiasi Kementerian BUMN oleh PLN merupakan bentuk kepedulian negara terhadap komunitas difabel di Jakarta.

Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PLN Yusuf Didi Setiarto saat melepas keberangkatan program mudik gratis mengungkapkan, PLN siap memberikan pelayanan kepada komunitas difabel yang ingin melaksanakan mudik menggunakan bus.

Pada setiap bus inklusif terdapat beberapa pendamping, sehingga mereka dapat menikmati perjalanan dan sampai ke kampung halaman dengan aman dan nyaman.

Baca Juga: Tersedianya Energi Bersih, PLN Gandeng HDF Prancis Kembangkan Pembangkit Hidrogen

“Tentunya ini menjadi dukungan nyata PLN kepada teman-teman difabel, bahwa mereka juga bisa mudik gratis, berlebaran bersama keluarga dengan rasa aman dan nyaman,” ucap Yusuf Didi.

Direktur Manajemen Pembangkitan PLN Adi Lumakso yang ikut dalam acara pelepasan menyapa salah satu peserta mudik difabel asal Semarang, Ahmad Trisnawan. Dirinya berharap Ahmad dan seluruh peserta mudik dapat tiba di tujuan dengan selamat.

"Selamat jalan sampai di kampung halaman dengan selamat. Saat tiba di rumah nanti, sampaikan salam saya untuk keluarga di rumah," tutur Adi.

Saat berbincang dengan jajaran direksi PLN, Ahmad Trisnawan menyampaikan apresiasinya terhadap program mudik gratis PLN. Menurutnya program tersebut sangat membantu mereka yang sebelumnya kesulitan untuk mengakses kendaraan umum.

Baca Juga: Matangkan Skema JETP, PLN Gandeng IEA dalam Akselerasi Transisi Energi

“Mudik bersama difabel ini membantu banget gitu, kami sebelumnya kesulitan untuk mengakses angkutan umum. Tapi dengan fasilitas PLN ini dan beserta jajarannya sangat memudahkan kami gitu,” kata Ahmad.

Ahmad juga berharap agar kegiatan tersebut bisa diadakan secara rutin pada setiap tahun karena sangat membantu para penyandang disabilitas.

“Kami difabel sangat terbantu ya karena dengan keterbatasan kami, kami dimudahkan dengan pemberian transportasi ke mudik bareng ini hingga bersilaturahmi kepada keluarga kami di daerah,” imbuhnya.

Baca Juga: Reduksi Emisi Karbon, PLN Gandeng Siemens Energy

Pada tahun ini, secara total PLN memberangkatkan sebanyak 10.000 peserta dengan jumlah moda transportasi, 2 bus listrik, 150 bus, 23 gerbong kereta api, dan 200 kursi kapal laut Makassar tujuan Bau-Bau. 

Adapun tujuan untuk bus dan kereta dari Jabodetabek menuju kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung dan Palembang. Selain dari Jabodetabek, PLN juga secara serentak memberangkatkan pemudik dari Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar.

Editor
Komentar
Banner
Banner