Arus Mudik 2023

Mudik dengan Sleeper Bus Jakarta - Banyuwangi, Serasa Tidur di Hotel

Ada beragam moda transportasi publik yang dapat digunakan masyarakat untuk mudik menuju ke kampung halaman. Salah satu yang populer adalah bus.

Featured-Image
Sleeper Bus dari PO Pandawa 87. (Foto: apahabar.com/Bethriq Kindy Arrazy)

bakabar.com, JAKARTA - Ada beragam moda transportasi publik yang dapat digunakan masyarakat untuk mudik menuju ke kampung halaman. Salah satu yang populer adalah bus.

Seiring berkembangnya zaman, kini terdapat jenis bus yang lagi digandrungi para pemudik yaitu jenis Sleeper Bus atau bus rebahan.

Satu di antaranya Perusahaan Otobus (PO) Pandawa 87 yang menawarkan kursi rebahan layaknya berada di dalam hotel berbintang. Seperti apa penampakannya?

Bus Pandawa 87 menggunakan mesin dan kerangka kendaraan atau dikenal dengan sasis Mercedes-Benz OH 1626.

Secara dimensi, bus ini memiliki panjang 12.000 mm, lebar 2.500 mm, dan tinggi 3.710 mm.

Sasis tersebut dibalut dengan bodi Jetbus 3+ MHD Dream Coach garapan Karoseri Adiputro asal Malang, Jawa Timur.

Baca Juga: Pemudik Boyong Motor Listrik Demi Jajal Pelesiran di Kampung Halaman

Bagian interior Sleeper Bus PO Pandawa 87. (Foto: bakabar.com/Kindy)
Bagian interior Sleeper Bus PO Pandawa 87. (Foto: bakabar.com/Kindy)

Saat bakabar.com memasuki kabin bus berwarna hjau terang ini, penumpang akan terasa seperti memasuki lorong kamar hotel.

Kabin kamar yang disediakan secara keseluruhan berjumlah total sebanyak 22 kamar berkonfigurasi kursinya 1+1 dengan model kabin bertingkat.

"Penumpang kami berikan satu paket snack beserta sebotol air mineral yang sudah kami sediakan di masing-masing kabin kamar," kata Fatih, Wakil Koordinator Agen PO Pandawa 87 Banyuwangi, Rabu (19/4).

Saat memasuki kabin kamar, penumpang dapat merebahkan tubuh hingga kemiringan mencapai 150 derajat. Saat di dalam, bakabar.com mencoba volume ruangan.

Baca Juga: Tutur Rasa Pemudik Motor Lawan Lelah Susuri Aspal Simpang Jomin

Namun, untuk tim apahabar yang memiliki tinggi badan 181 cm, kabin kamar Dream Coach yang disediakan agak sedikit menenguk, karena postur maksimal yang seharusnya maksimal 170 cm.

Salah satu fasilitas di kabin kamar penumpang Sleeper Bus PO Pandawa 87. (Foto: bakabar.com/Kindy)
Salah satu fasilitas di kabin kamar penumpang Sleeper Bus PO Pandawa 87. (Foto: bakabar.com/Kindy)

Meski demikian, di dalam kabin kamar penumpang dimanjakan dengan berbagai fasilitas kelas atas, seperti disediakan satu buah bantal dan sehelai selimut layaknya di kamar hotel.

Tak hanya itu, di bagian kabin depan juga disediakan satu buah layar monitor (video on demand) yang dapat dikoneksikan langsung dengan jaringan ponsel penumpang.

Dengan begitu penumpang dapat memutar lagu di aplikasi youtube maupun dapat memutar film di aplikasi Netflix yang sudah disediakan dalam layanan multimedia tersebut.

Baca Juga: Layani Pemudik Merak - Bakauheni, ASDP Operasikan 44 Kapal

Adapun di kabin bagian atas juga disediakan dua lubang pendingin ruangan (AC) yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Termasuk di antaranya juga terdapat lampu penerangan, tombol musik, hingga USB charger yang dapat dihubungkan dengan ponsel penumpang.

Sedangkan di bagian samping kabin kamar juga disediakan lampu baca dan juga USB charger untuk mengisi daya gagdet penumpang.

Masih di sisi yang sama juga terdapat tombol untuk menyetel kemiringan kursi dan tombol pijat di bagian punggung.

"Di bagian belakang kami juga sediakan ruang toilet khusus dan dispenser beserta segala jenis seduhan teh dan kopi," pungkas Fatih.

Baca Juga: Cerita Pemudik Lebih Memilih Berangkat pada Siang Hari, Ini Alasannya

Sebagai informasi tambahan, tim apahabar melakukan perjalanan mudik dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta ke Terminal Karangente, Banyuwangi dengan estimasi perjalanan kurang lebih 18 jam.

Soal harga tiket pada musim mudik Lebaran tahun ini, PO Pandawa 87 mematok tarif sebesar Rp1,1 juta per penumpang.

Editor
Komentar
Banner
Banner