Arus Mudik Lebaran

Mudik Aman dan Berkesan, Terminal Terpadu Pulogebang Bagikan Tipsnya

Pemerintah telah mencanangkan program mudik tahun 2023 ini dengan mengusung tema Mudik Aman dan Berkesan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan pulang k

Featured-Image
Pemudik sudah memenuhi terminal Pulo Gebang. Foto: apahabar.com/May

bakabar.com, JAKARTA -Masyarakat diharap waspada kejahatan yang mengintai pada momen mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. Salah satunya, terminal bus yang ikut jadi tempat singgah banyak pemudik paling diminati.

Menindaklanjuti hal tersebut, Terminal Terpadu Pulogebang mengharapkan agar masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dapat tiba ditujuannya masing-masing dengan selamat.

Melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Terminal Terpadu Pulogebang, Junaedi menegaskan hal utama yang perlu diperhatikan para pemudik yakni kondisi tubuh yang fit dan prima.

Baca Juga: Selama Arus Mudik Lebaran, Bandara Soetta Hadirkan Duta Kebersihan

"Terhadap para pemudik pastikan, pertama kesehatan anda dulu. Kesiapan badan dulu. Kalo mudik mau asik, harus sehat, supaya sehat ya dicek diri sendiri," kata Junaedi saat membagikan tips mudik aman dan berkesan kepada bakabar.com di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta (15/4/2023).

Ia menerangkan bahwa meski situasi mudik tahun ini berbeda seperti pada tahun-tahun sebelumnya kafena pandemi Covid-19, namun masyarakat diharapkan tetap untuk mewaspadai dan peduli dengan kesehatannya masing-masing.

"Kalo sekarang masih pandemi walaupun sudah di beri kelonggaran, tapi tetep cek kesehatannya. Kalo dipaksakan harus berangkat juga, ya tetep protokol kesehatan harus diutamakan, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak," imbuhnya.

Baca Juga: Pemudik Ungkap Harga Tiket Bus di Terminal Pulo Gebang Mulai Naik

Selnjutnya diterangkan Junaedi, bahwa hal lainnya yang perlu diperhatikan pada calon penumpang mudik lebaran khsusnya yang menggunakan moda transportasi bus, yakni dengan memperhatikan kelayakan operasional Perusahaan Otobus (PO) Bus sebagai penyedia layanan transportasi.

Tidak hanya fisik dari kelayakan Bus, namun Junaedi menegaskan bahwa para awak bus itu sendiri pun juga harus menjadi perhatian masyarakat dalam memilah dan memilih jasa transportasi PO Bus.

"Kedua perbekalan akomodasi disiapkan dengan baik, kemudian memilih bus harus hati-hati. Pastikan busnya sudah memenuhi standar keselamatan, seperti rampcheck memenuhi administrasi fisiknya, awak busnya sudah test kesehatan," ungkapnya.

Baca Juga: 21 April 2023, Puncak Arus Mudik di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Adapaun tips aman dalam momen perjalanan mudik Lebaran untuk mewujudkan Mudik Aman Berkesan sesuai dengan tema yang diusung pemerintah, dijabarkan Kasubag TU Terminal Terpadu Pulogebang, Junaedi yakni dengan adanya ketaatan baik penumpang, PO bus dan awak bus dalam mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Ketiga patuhi aturan peratuan perjalanan yang berlaku. Baik peraturan undang-undang syarat mudik, maupun pada saat sampai perjalanan," pungkasnya.

Dengan adanya ketiga tips ataupun himbauan mudik itu, diharapkan Junaedi bahwa momen libur lebaran dengan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan aman sehingga masyarakat dapat berkumpul dengan keluarga untuk merayakan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah dengan penuh suka cita.

Editor
Komentar
Banner
Banner