News

Posko Arus Mudik Pelabuhan Sampit Sediakan Layanan Kesehatan Gratis

Posko Terpadu Lebaran di Pelabuhan Sampit juga sediakan layanan kesehatan gratis.

Featured-Image
Suasana di ruang tunggu Terminal Pelabuhan Sampit, yang dipadati para penumpang arus mudik lebaran, Kamis (4/4/2024). Foto: bakabar.com/Ilhamsyah Hadi

bakabar.com, SAMPIT - Posko Terpadu Angkutan Mudik Lebaran di Pelabuhan Sampit menyediakan pelayanan kesehatan gratis.

"Untuk memberikan rasa nyaman pada calon penumpang, posko yang ada di pelabuhan ini juga penyiapkan berbagai fasilitas keamanan hingga kesehatan bagi pemudik baik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang," kata Manager Pelayanan Terminal PT Pelindo Cabang Sampit, Tri Purbo Waluyojati, Kamis (4/4).

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 Kalimantan Pelabuhan Sampit, selaku penyedia terminal penumpang menyarankan kepada masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran bisa memperhatikan faktor kesehatan mereka.

"Jika ada mendapatkan masalah kesehatan langsung ke Posko pelabuhan atau ke petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) guna diperiksa kesehatannya. Kalaupun sakit dan tetap mau berangkat, setidaknya ada rekomendasi dari pihak kesehatan," terang Tri Purbo Waluyojati.

Ditambahkan, tahun 2024 ini jumlah pemudik yang menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Sampit di prediksi akan mengalami lonjakan yang signifikan, karena adanya hari libur lebaran dan cuti bersama oleh Pemerintah.

"Jika pada tahun 2023 lalu Pelindo Sampit mencatat ada sekitar 31.575 orang yang mudik melalui Pelabuhan Sampit. Diprediksi angka penumpang pada mudik lebaran tahun ini meningkat mencapai dikisaran 37.000 orang," imbuhnya.

Posko Terpadu Angkutan Lebaran yang berada didepan Kantor Pelindo Sampit. bakabar.com/Ilhamsyah Hadi
Posko Terpadu Angkutan Lebaran yang berada didepan Kantor Pelindo Sampit. Foto: bakabar.com/Ilhamsyah Hadi

Sementara itu, pantauan media ini aktivitas pemberangkatan melalui kapal laut mulai semakin padat pada H-7 jelang lebaran Idulfitri 1445 Hijriah ini. 

Pada Kamis (4/4) ada satu keberangkatan kapal Roro KM Kirana 1 dari operator Dharma Lautan Utama, dengan tujuan semarang dengan mengangkut sekitar 716 orang penumpang.

Kemudian pada besok hari tanggal (5/4/2024) akan ada keberangkatan KM Kalimutu dari PT Pelni yang diperkirakan mengangkut seribu lebih penumpang dengan tujuan Sampit-Semarang.

Editor
Komentar
Banner
Banner