Tips dan Trik

Move On! Berhenti Memikirkan Seseorang dengan 9 Cara Berikut, Agar Hidup Lebih Damai

Perkara berhenti memikirkan seseorang memang bukan hal yang mudah. Namun bukan berarti itu hal yang mustahil.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Perkara berhenti memikirkan seseorang memang bukan hal yang mudah. Namun bukan berarti itu hal yang mustahil.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, meski hal tersebut perlu melewati proses yang panjang dan tidak mudah. Pasalnya semakin memaksakan diri untuk berhenti memikirkan seseorang, hal itu justru membuat semakin susah untuk melupakan.

"Tindakan mencoba berhenti memikirkan seseorang atau apa pun membuat kita lebih memikirkan mereka," ujar Dr. Joanne Davilla yang dikutip dari Choosing Therapy, Sabtu (29/10).

Seperti dilansir cnnindonesia, berikut cara yang bisa dilakukan untuk membantu berhenti memikirkan seseorang agar hidup terasa lebih ringan dan damai:

1. Berhenti menjalin kontak

Dilansir dari Choosing Therapy, saat Anda putus cinta, sebaiknya berhenti melakukan kontak dengannya. Ini perlu dilakukan agar dapat segera sembuh dari rasa sakit hati dan tidak terus-menerus mengingatnya.

Meski ingin tetap berteman dan berhubungan baik dengannya, tetapi tidak perlu menghubunginya sementara waktu. Apabila kontak dengan mantan masih terjalin tidak lama setelah putus, justru itu mempersulit untuk pulih dari rasa sakit.

2. Berhenti melihat media sosial miliknya

Stalking atau melihat media sosial seseorang yang ingin dilupakan dapat membangkitkan perasaan yang sebenarnya tidak perlu ada. Hal tersebut juga dapat berdampak negatif pada kesehatan mental.

Oleh sebab itu, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menghapusnya dari media sosial pribadi.

3. Dekatkan diri dengan teman dan keluarga

Untuk membuat perasaan lebih lega, ada lebih baik untuk berbagi perasaan kepada orang-orang terdekat yang percaya, seperti keluarga atau sahabat.

Kehadiran teman dan keluarga sebagai support system yang memahami dan mendengarkan dapat memberikan kekuatan untuk melupakan seseorang.

Mereka juga mungkin dapat memberikan saran atau berbagi pengalaman tentang bagaimana cara berhenti memikirkan seseorang.

4. Fokus pada penerimaan diri

Gunakan waktu ini untuk melihat diri sendiri dan tumbuh menjadi sosok yang lebih baik. Temukan nilai dalam diri dan cobalah membangun dan menciptakan hubungan yang lebih penuh kasih dengan diri sendiri.

5. Cintai diri sendiri

Semua orang berhak mendapatkan cinta yang sama. Oleh sebab itu, waktu ini dapat digunakan untuk mencintai diri sendiri. Caranya dengan memberi diri afirmasi sebagai langkah memulai proses mencintai diri sendiri. Menunjukkan cinta pada diri sendiri juga bisa dengan merawat diri.

6. Biarkan diri merasakan sakit

Sering kali ketika seseorang terluka, mereka berusaha mencari cara untuk menutupinya. Padahal hal ini bisa membiarkan diri merasakan sakit yang dirasakan. Hal ini akan membantu untuk dapat mengatasi rasa sakit dan melanjutkan hidup alias move on.

7. Tuliskan perasaan

Merujuk Healthline, cara berhenti memikirkan seseorang adalah dengan menuliskan perasaan tersebut. Journaling atau menulis memiliki manfaat pada setiap tahap kehidupan.

Dengan menulis dapat mengeksplorasi dan menerima pikiran serta kenyataan yang ada. Selain itu juga dapat melampiaskan rasa frustrasi dan berdamai dengan emosi yang sulit dengan menulis.

Kelegaan yang datang saat menulis dapat membantu melepaskan pikiran-pikiran berat yang membebani.

8. Temukan hal positif

Cara berikutnya bisa dengan mencoba kegiatan yang positif. Adapun kegiatan tersebut seperti membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, atau berolahraga.

Hal-hal tersebut dapat membantu mengarahkan pikiran ke sesuatu yang lebih positif.

9. Hindari tempat dan benda tertentu

Melansir Mind Body Green, tempat dan benda tertentu juga dapat memicu mengingat seseorang. Sebaiknya, sementara waktu hindari tempat atau benda yang dapat membuat kembali mengingat momen dengan seseorang yang ingin dilupakan.

Namun jika nanti sudah mampu menerimanya, dapat kembali melihat atau mengunjungi tempat atau benda tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner