Mitsubishi Xpander Hybrid

Mitsubishi Xpander Hybrid akan Rilis Tahun Depan, Cek Faktanya

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) digadang-gadang merilis Xpander Hybrid tahun depan.

Featured-Image
Mitsubishi Xpander Hybrid dirumorkan akan rilis di tahun 2023. (Foto: apahabar.com/Aditama)

bakabar.com, JAKARTA -Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) digadang-gadang akan merilis Xpander Hybrid pada tahun depan.

Kabar tersebut kembali mencuat di penghujung tahun 2022 sesuai pernyataan General Manager of Marketing Communication dan PR Division MMKSI, Intan Vidiasari.

"Tahun depan yang jelas mobil konsep yang ada di Vietnam akan kami tampilkan. Karena mobil konsep jadi kita tampilan, dan buat meluncur dan produksi tunggu tanggal mainnya. Yang jelas tahun depan banyak kejutan dari Mitsubishi," ujar Intan kepada awak media.

Terkait rencana Mitsubishi Xpander Hybrid rupanya pernah disinggung oleh Mitsibishi Motors Corporation (MMC) dalam rencana jangka menengah dan panjang mereka di pasar otomotif ASEAN. 

Baca Juga: Kaleidoskop 2022: Daftar Pameran Otomotif di Indonesia, GIIAS Paling Laku!

"Tahun fiskal lalu diumumkan plan bisnis bahwa Mitubishi Motors akan menghasilkan model hybrid pada model 2023 untuk wilayah ASEAN," ujar President Director MMKSI, Naoya Nakamura. 

Dalam strategi produk di Kawasan Asia tenggara, MMC menyebut sejumlah produk baru, diantaranya Triton, MPV-HEV, Xpander HEV, Pajero Sport dan model baru.

Xpander HEV 

Dalam rencana tersebut secara terang-terangan Mitsubishi menyebut Xpander HEV pada tahun fiskal (FY) 2023.  

Ke depannya produk ramah lingkungan Mitsubishi itu kemungkinan akan berkerjasama dengan aliansi Nissan dan Renault.

Mitsubishi Anggap Penting Mobil Hybrid

Mengenai semangat untuk meluncurkan mobil hybrid, pihak Mitsubishi sendiri mengaku bahwa hal tersebut merupakan hal penting.

Baca Juga: Daftar Motor yang Disuntik Mati pada 2022, Yamaha Paling Banyak

"Model hybrid tidak hanya penting untuk teknologi tapi juga guna mengikuti program pemerintah untuk sosialisasi lingkungan yang lebih baik," ujar Naoya Nakamura

Dalam mengusung teknologi hybrid, Mitsubishi sudah langsung memperlihatkan Outlander PHEV.

Mobil seharga Rp1 miliar ini punya tiga mode berkendara, yakni EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode.

Pada mode EV Drive, motor menggerakkan kendaraan dengan tenaga listrik dari baterai sehingga tidak ada konsumsi bahan bakar dan emisi CO2.

Baca Juga: Spek dan Harga Mitsubishi Pajero Sport, SUV yang Bikin 'Gaduh' di Jalan

Sedangkan, Hybrid Driving Mode dibagi menjadi dua mode. 

Pertama, Series Hybrid Mode merupakan perpaduan mode elektrik dan mesin. 

Mesin gasoline 2,4 L akan menghasilkan listrik jika baterai lemah dan menambah tenaga saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi atau menanjak.

Pada Parallel Hybrid Mode, mesin gasoline akan melaju dengan bantuan motor saat kendaraan membutuhkan ekstra tenaga (saat kecepatan tinggi atau saat efisiensi mesin tinggi). 

Baca Juga: Tempat Parkir Alternatif yang Mau Habiskan Malam Tahun Baru di TMII

Lantas benarkah Xpander HEV bakal meluncur di 2023?

Ketika hal itu ditanyakan, MMKSI tidak banyak memberikan komentar, namun rencana MMC tersebut dapat menjadi rujukan produk baru di tahun depan. 

Kendati begitu, sebelumnya pada tahun 2021 lalu, kunjungan Kementerian Perindustrian Indonesia ke Jepang membawa angin segar baru bagi industri dalam negeri. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sempat memberikan informasi tentang kehadiran Mitsubishi Xpander hybrid dan Xpander plug-in hybrid yang menggunakan sumber tenaga dari bahan bakar dan motor listrik.

Baca Juga: Belajar dari Kecelakaan Truk Timpa Mobil TNI, Simak Aturan Pakai Sirene yang Tepat

"Mengembangkan dua model, Xpander hybrid SUV dan model kedua yaitu X-EV plug-in hybrid. Model yang kedua diarahkan menjadi produk ekspor dari Indonesia ke negara-negara tujuan ekspor," kata Agus Gumiwang.

Editor


Komentar
Banner
Banner