Threads

Meta Luncurkan Threads, Siap Saingi Twitter?

Threads, aplikasi rancangan Meta telah resmi dirilis dan sudah bisa di download hari ini, melalui App Store atau Google Play Store.

Featured-Image
Threads aplikasi saingan Twitter. Foto: Independent/Copyright 2023 The Associated Press.

bakabar.com, JAKARTA - Meta secara resmi meluncurkan produk terbaru bernama Threads.

Aplikasi ini sudah bisa di-download melalui App Store atau Google Play Store per hari ini.

Meta merupakan induk dari media sosial besar Instagram, Facebook dan WhatsApp.

Threads ini media sosial yang fokus pada teks mirip dengan Twitter.

Menurut CEO Meta, Mark Zuckerberg Threads diciptakan sebagai ruang publik untuk menjalin percakapan yang terbuka dan bersahabat untuk umum.

Walaupun dianggap mirip Twitter, tetapi Threads masih berkaitan satu dengan Instagram, sesuai dengan slogan mereka yaitu “Threads, an Instagram App”

Memiliki logo bernuansa hitam dan putih, rupanya tampilan aplikasi Threads terlihat seperti gabungan Instagram dan Twitter. Pengguna bisa berkomunikasi secara real time.

“Idenya adalah membangun ruang yang terbuka dan bersahabat bagi komunitas,” ucap Adam Mossersi, Head of Instagram dalam wawancara, dikutip dari New York Post, Kamis (6/7).

Lalu apa saja fitur yang ditawarkan Threads? Simak penjelasannya.

Untuk membuat akun Threads ini cukup mudah. Jika kamu sudah memiliki akun Instagram, maka akun yang digunakan dalam aplikasi Threads ini sama dengan akun Instagram.

Ketika membuka aplikasi, tampilan awal terdapat logo Threads di tengah halaman. Selanjutnya, di bagian bawah terdapat lima menu utama, yaitu home atau halaman kita bisa melihat thread sesorang, halaman pencarian atau search, halaman untuk menulis thread baru, halaman likes dan halaman profil.

Untuk daftar followers pada Threads, secara otomatis akan sama seperti followers Instagram. Akun centang biru juga secara langsung terverifikasi.

Fitur lainnya yang bisa digunakan pengguna adalah fitur untuk membalas thread seseorang, menyukai thread, memberi komentar dan membagikannya ke halaman media sosial lain.

Hal menarik lainnya, Threads tersebut bisa kamu share ke Instagram story dengan menggunakan background khas Threads.

Lalu apa perbedaannya dengan Twitter?

Walaupun terdapat fitur yang mirip dengan Twitter, namun perbedaan kedua aplikasi ini adalah Threads belum menyediakan fitur direct messages, kemungkinan algoritma Threads akan sama dengan Instagram.

Saat ini timeline Threads masih menggabungkan aktifitas unggahan dari orang yang di ikuti serta unggahan orang lain.

Selain itu, Threads juga mendukung aplikasi protokol komunikasi sejenis seperti Mastodon.

“Baru saja melewati 5 juta pendaftar di empat jam pertama,” kata Mark Zuckerberg (6/7).

Hal tersebut dikonfirmasi Zuckerberg melalui unggahan nya di Threads dengan akun @zuck.

“Kami berharap bisa membawa keunggulan yang ada di Instagram, lalu menghadirkannya dalam pengalaman baru lewat teks, ide-ide, dan mendiskusikan apa yang ada di kepalamu,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner