Minuman Herbal Untuk Meredakan Dahak

Meramu Herbal untuk Redakan Pilek dan Batuk

Banyak dari kita pasti pernah mengalami batuk berdahak yang mengganggu akibat pilek atau flu. Ada bahan herbal alami yang bisa diracik untuk meredakannya.

Featured-Image
Minuman herbal untuk meredakan dahak. Foto: gpointstudio/istock photo

bakabar.com, JAKARTA – Banyak dari kita pasti pernah mengalami batuk berdahak yang mengganggu akibat pilek atau flu. Ada bahan herbal alami yang bisa diracik untuk meredakannya. 

Lendir yang berlebihan di saluran pernapasan dapat menjadi sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, ada beberapa minuman herbal yang dapat membantu mengatasi masalah ini secara alami.

Berikut adalah beberapa minuman herbal yang bisa Anda racik dan efektif dalam menghilangkan dahak dan meredakan gejala flu dan batuk, dikutip dari Tua Saude:

1. Jus Lemon dan Madu

Ilustrasi jus lemon dan madu. Foto: Dmitrii Ivanov/istock photo
Ilustrasi jus lemon dan madu. Foto: Dmitrii Ivanov/istock photo

Jus lemon dan madu adalah kombinasi yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Kombinasi ini membantu mengurangi peradangan di saluran pernapasan, sehingga dapat meredakan batuk dan mempercepat pemulihan dari pilek dan flu. Madu juga memiliki sifat melembapkan yang membantu mengurangi iritasi jaringan tenggorokan.

Bahan-bahan:

- Jus 1 lemon

- 1 sendok makan madu

- 200 mL air

Cara Mempersiapkannya:

- Campur semua bahan dalam blender dan maniskan dengan madu sebelum diminum. Pastikan untuk diminum sesegera mungkin.

2. Jus Jeruk, Nanas, dan Selada Air

Ilustrasi jus jeruk, nanas dan selada air. Foto: connerscott1/istock photo
Ilustrasi jus jeruk, nanas dan selada air. Foto: connerscott1/istock photo

Jus jeruk, nanas, dan selada air mengandung banyak vitamin C, vitamin A, zat besi, potasium, dan bromelain. Zat-zat ini memiliki tindakan ekspektoran, antiinflamasi, dan antioksidan yang membantu menghilangkan dahak dan memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk mempercepat pemulihan dari pilek dan flu.

Bahan-bahan:

- ½ cangkir selada air

- Jus dari 1 jeruk

- 1 potong nanas

Cara Mempersiapkannya:

Masukkan semua bahan ke dalam blender dan aduk hingga tercampur rata. Minumlah setengah cangkir jus ini 2 hingga 3 kali sehari atau setiap kali Anda mengalami batuk berdahak.

3. Sirup Jahe dengan Kayu Manis

Ilustrasi jahe dan kayu manis. Foto: mescioglu/istock photo
Ilustrasi jahe dan kayu manis. Foto: mescioglu/istock photo

Sirup jahe dengan kayu manis memiliki efek mengeringkan yang bekerja pada lapisan saluran pernapasan. Ini merupakan ekspektoran alami yang baik untuk mengatasi batuk berdahak yang disebabkan oleh pilek atau flu.

Bahan-bahan:

- 1 batang kayu manis atau 1 sendok teh bubuk kayu manis

- 1 cangkir teh jahe kupas, iris

- 85 g gula merah (demerara atau kelapa)

- 100 mL air

Cara Mempersiapkannya:

Rebus air bersama gula pasir hingga gula benar-benar larut. Matikan kompor, masukkan jahe dan kayu manis, lalu aduk. Simpan sirup dalam toples kaca yang bersih dan kering. Ambil 1 sendok teh sirup jahe 3 kali sehari. Harap diingat bahwa sirup ini tidak boleh digunakan oleh orang dengan riwayat masalah pembekuan darah atau ibu hamil yang mendekati tanggal melahirkan.

4. Teh Peppermint

Teh peppermint. Foto: Maya23k/istock photo
Teh peppermint. Foto: Maya23k/istock photo

Teh peppermint mengandung mentol yang dapat membantu meredakan gejala seperti batuk, dahak, pilek, hidung tersumbat, dan sakit kepala yang sering terjadi pada pilek dan flu. Teh ini juga memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi yang membantu tubuh melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

Bahan-bahan:

- 6 lembar daun mint cincang

- 150 mL air mendidih

Cara Mempersiapkannya:

Tambahkan daun mint ke dalam cangkir teh yang berisi air mendidih dan biarkan terendam selama 5 hingga 10 menit. Saring, maniskan dengan madu jika diinginkan, dan minumlah 3 hingga 4 cangkir per hari.

5. Infus Thyme dan Madu

Infused daun thyme dan madu. Foto: natashamam/istock photo
Infused daun thyme dan madu. Foto: natashamam/istock photo

Infus thyme dan madu mengandung zat antiinflamasi dan antiseptik yang membantu menghilangkan dahak dan meredakan batuk dan pilek. Zat-zat seperti timol, carvacrol, cymene, dan linalool dalam thyme memiliki tindakan ekspektoran yang membantu membersihkan saluran pernapasan.

Bahan-bahan:

- 1 sendok makan ekstrak thyme kering atau 2 tangkai thyme segar

- 1 liter (sekitar 4 gelas) air mendidih

- 1 sendok makan madu (opsional)

Cara Mempersiapkannya:

Tambahkan thyme kering ke dalam air mendidih dan biarkan terendam selama 5 hingga 10 menit. Saring dan minumlah 3 gelas per hari. Jika Anda tidak memiliki alergi terhadap madu, tambahkan madu untuk rasa yang lebih manis.

Penting untuk diingat bahwa minuman herbal ini dapat membantu meredakan gejala flu dan batuk, tetapi bukan pengganti untuk perawatan medis jika kondisi Anda memburuk.

Jika gejala Anda berlanjut atau memburuk, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Selamat mencoba minuman herbal ini untuk mengatasi batuk berdahak Anda!

Editor
Komentar
Banner
Banner