Info Kesehatan

Menyantap Daging Kurban Tanpa Khawatir Kolesterol, Begini Tipsnya!

Perayaan Idul Adha selalu identik dengan penyembelihan daging kurban yang dilakukan umat Islam di seluruh Indonesia.

Featured-Image
Ilustrasi daging mentah (Foto: iStockphoto)

bakabar.com, JAKARTA - Perayaan Idul Adha selalu identik dengan penyembelihan daging kurban yang dilakukan umat Islam di seluruh Indonesia.

Ditengah perayaan Iduladha bersama keluarga besar atau kerabat terdekat, momen kegembiraan juga datang dari olahan makanan, yaitu daging kurban. Baik daging kambing, domba maupun sapi.

Namun, perlu diingat, mengkonsumsi daging merah dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Dilansir dari hallosehat, peran kolesterol bagi tubuh baik untuk membangun dinding vitamin, sel, dan hormon sehat. Terdapat dua jenis kolesterol dalam tubuh yaitu, High Density Lipoprotein (HDL) atau yang dikenal sebagai kolesterol baik dan Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Jika mengkonsumsi daging dalam jumlah yang banyak, maka dapat meningkatkan kadar LDL, dan menyebabkan penumpukan plak. Timbunan plak itu adalah kolesterol, kalsium, lemak dan zat lainnya. Jika plak tersebut menjadi tebal maka dapat menyebabkan tekanan darah tinggi hingga stroke.

Dikutip dalam situs U.S Departemen of Agriculture, satu porsi daging kambing yang dimasak setaran dengan 100 gram dan mengandung 75 mg kolesterol, sedangkan untuk daging sapi tanpa lemak mengandung 71 mg kolesterol dan untuk daging domba yang telah dimasak mengandung 97 mg kolesterol.

Berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk mencegah kolesterol naik.

1. Pilih bagian daging rendah lemak
Penting untuk memilih bagian daging yang rendah lemak, hal ini dapat menghindari naiknya kolesterol. Jika Anda memilih daging kambing, potongan daging yang baik adalah bagian pinggul, betis dan bahu.

Namun jika memilih daging sapi, potongan terbaik adalah bagian sirloin, loin atau sampil (punuk sapi).

2. Mengolah daging dengan dipanggang

Mengolah daging dengan digoreng mengandung lemak jenuh yang tinggi, sehingga dapat mempenaguhi kesehatan jantung.

Melansir Wesley Enhanced Living, memasak daging dengan cara dipanggang dapat mengurangi kandungan lemak, karena lemak akan menetes dalam proses pemanggangan.

3. Seimbangi dengan serat

Mengkonsumsi sayuran, kacang-kacangan, buah segar dapat melengkapi kecukupan serat sehingga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah.

4. Hindari minuman manis

Mengkonsumsi minuman manis hanya akan memicu kadar trigliserida dalam darah, hal ini yang dapat menyebabkan stroke.

5. Konsumsi multivitamin
Vitamin B komplek dan iodium dapat membantu tubuh untuk mencerna daging menjadi sumber energi yang baik dalam menjalankan aktivitas.

6. Lakukan aktivitas gerak atau berolahraga
Usahakan untuk tetaplah bergerak aktif setelah mengkonsumsi daging, hal tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Jika Anda melakukan aktifitas fisik atau berolahraga, maka hal itu membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

Setelah menyimak tips untuk mencegah naiknya kolesterol, maka tidak perlu khawatir lagi untuk menikmati berbagai macam olahan daging kurban. Selamat Idul Adha 1444 H! 

Editor
Komentar
Banner
Banner