Sport

Menunggu Sejarah Baru di Seri Pembuka MotoGP 2023

Sederet sejarah baru akan digoreskan di MotoGP Portugal yang menjadi seri pembuka dalam kalender 2023, Sabtu (25/3).

Featured-Image
Marc Marquez akan mengawali sprint race MotoGP Portugal 2023 di barisan terdepan, Sabtu (25/3) malam Wita. Foto: CNN

bakabar.com, JAKARTA - Sederet sejarah baru akan digoreskan di MotoGP Portugal yang menjadi seri pembuka dalam kalender 2023, Sabtu (25/3).

Sejarah yang sudah ditorehkan adalah untuk kali pertama MotoGP Portugal 2023 menjadi seri pembuka, setelah sekian lama MotoGP Qatar menjadi langgangan seri perdana sejak 2007.

Seri pembuka MotoGP terakhir yang diadakan di Eropa terjadi di musim 2006, tepatnya MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez.

Alasan perubahan seri awal MotoGP 2023 adalah perbaikan Sirkuit Losail di Qatar untuk menyesuaikan homologasi Formula 1.

Tak cuma itu, MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Algarve Portimao juga menjadi seri pertama yang menggelar sprint race.

Pelaksanaan sprint race itu membuat agenda sedikit berubah. Dengan 21 seri sepanjang musim 2023, berarti pembalap kelas utama harus menjalani total 42 balapan.

Baca Juga: Jelang MotoGP 2023, Sprint Race Picu Perubahan Jadwal Balapan

Baca Juga: Banjir Sponsor Indonesia, Begini Tampilan Baru Ducati Gresini MotoGP 2023

Durasi sprint race adalah 50 persen dari jumlah lap yang diperlombakan. Adapun penentuan posisi start sprint race diambil berdasarkan hasil kualifikasi 1 (Q1) dan kualifikasi 2 (Q2).

Pemenang sprint race akan mendapatkan tambahan 12 poin. Sementara peringkat kedua memperoleh 9 poin, posisi ketiga 7 poin dan seterusnya hingga posisi sembilan.

Kendati demikian, hasil sprint race tidak mengganggu posisi start balapan utama. Adapun posisi start balapan utama tetap diambil dari hasil kualifikasi.

Khusus sprint race di MotoGP Portugal, dijadwalkan dimulai pukul 23.00 Wita, Sabtu (25/3). Marc Marquez akan start terdepan, diikuti Francesco Bagnaia dan Jorge Martin di front row.

Sementara Pol Espargaro dipastikan tidak ambil bagian, setelah mengalami kecelakaan fatal dalam sesi latihan bebas kedua, Jumat (24/3).

Pembalap GasGas Factory Racing Tech3 tersebut mengalami patah tulang rahang, patah tulang punggung, dan cedera paru-paru.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2022, Simak Fakta Menariknya

Baca Juga: Hasil MotoGP Valencia: Francesco Bagnaia Juara Dunia

Editor


Komentar
Banner
Banner