Pemkab Tanah Bumbu

Menuju Tanah Bumbu Hebat (1), Maksimalkan Sektor Maritim untuk Kesejahteraan Masyarakat

Senin 8 April 2019, Kabupaten Tanah Bumbu genap berusia 16 tahun. Pada usia yang makin bertambah…

Featured-Image
Pantai Angsana di Kabupaten Tanah Bumbu. Foto – Diskominfo Tanbu for apahabar.com

Senin 8 April 2019, Kabupaten Tanah Bumbu genap berusia 16 tahun. Pada usia yang makin bertambah tentunya telah banyak pembangunan yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Puja Mandela, BATULICIN

PADA hari jadi ke-16 ini, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengangkat tema “Memantapkan Ekonomi Maritim dengan Peningkatan Infrastruktur, Kualitas Lingkungan, SDM, dan Tata Kelola Pemerintahan yang Akuntabel Menuju Tanah Bumbu Hebat”.

Tema tersebut diangkat seiring dengan komitmen pemerintah daerah dalam upayanya mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah.

Di antara SDA yang sangat potensial untuk dikembangkan, yaitu sektor kemaritiman. Dari data yang ada, kabupaten dengan moto Bersih, Jujur, Syukur, dan Damai (Bersujud) ini memiliki lebih dari 150 kilometer garis pantai yang membentang di empat kecamatan yaitu Kusan Hilir, Sungai Loban, Angsana, dan Satui.

Dengan panjang garis pantai yang dimiliki, tentu sangat potensial untuk dikelola menjadi sumber pendapatan asli daerah dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Tanah Bumbu khususnya dan Kalimantan Selatan pada umumnya.

Pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati H Sudian Noor dan Wakil Bupati H Ready Kambo sangat menyadari, potensi kemaritiman yang dimiliki itu dapat dijadikan salah satu penyumbang terbesar bagi peningkatan perekonomian di Kabupaten Tanah Bumbu.

Salah satu sektor kemaritiman yang sangat potensial dikembangkan adalah pemanfaatan keindahan alam sektor pariwisata. Di Tanah Bumbu sendiri, terdapat puluhan objek wisata yang potensial untuk dikembangkan.

Namun, saat ini yang sudah termanfaatkan adalah wisata pantai, di antaranya Pantai Angsana, Pantai Madani Tanjung Batu, Pantai Pagatan dengan Pesta Budaya Mapanre Ri Tasi, objek wisata Siring Pagatan, dan Pantai Rindu Alam. (*)

Baca Juga:Ready Kambo: Pembangunan di Tanbu Prioritaskan Kebutuhan Masyarakat

Baca Juga:Mappanre Ri Tasie 2019, Pamerkan Pelaminan 18 Etnik

Baca Juga:Terkait Perbedaan Pandangan Politik, KPU Tanbu Minta Masyarakat Saling Menghargai

Baca Juga:Pemkab Tanbu Optimistis Tingkatkan Kesejahteraan Rumah Tangga Miskin

Baca Juga: Pemkab Tanbu Kampanyekan "Ganti Rokok dengan Permen"

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner