Habar Pemilu 2024

Menuju Pemilu 2024, KPU Tala Gelar Simulasi Pemungutan-Penghitungan Suara

KPU Tala menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di Halaman Pertasi Kencana Pelaihari, Rabu (31/1).

Featured-Image
Teks foto /pemilih sedang memasukan surat suara dalam kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024.

bakabar.com, PELAIHARI - KPU Tala menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di Halaman Pertasi Kencana Pelaihari, Rabu (31/1).

Dari pantauan media ini, spesimen surat suara pada simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 yang diberikan kepada setiap pemilih masing-masing 5 surat suara mulai dari Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD tingkat kota/kabupaten.

Simulasi dimulai dari sejak persiapan pencoblosan hingga penghitungan suara. Pemungutan suara diikuti pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Disela pelaksanaan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS 050 Kelurahan Pelaihari Ketua KPU Kabupaten Tanah Laut Rudi Pratikno mengatakan, simulasi ini sebagai panduan bagi pemilih untuk mengetahui proses menggunakan haknya di TPS.

"Simulasi ini berkenaan dengan cara penggunaan Sirekap pada pemilu 2024 ini, mempermudah proses di TPS," katanya.

Rudi menilai pelaksanaan simulasi berjalan dengan baik dan lancar tujuannya dari kegiatan ini agar Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengetahui melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

"Simulasi ini kita laksanakan mengambil beberapa daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 050 Pelaihari, karena hampir mendekati 200 orang," ujarnya.

Pelaksanaan simulasi ini mendapat sorotan terkait panitia terlihat belum menguasai secara maksimal dari Ketua DPD Partai Gelora Indonesia, Suhandoyo yang pada saat itu ikut hadir pada kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

"Ke depannya panitianya, harus disiapkan lebih maksimal agar lebih baik lagi," katanya.

Suhandoyo menilai simulasi ini hal yang penting untuk dilaksanakan, dan pihaknya menyambut baik nantinya pada 14 Februari 2024 bisa berjalan maksimal dengan perhitungan waktu bisa cepat.

"Mudah-mudahan simulasi ini tidak cukup dilaksanakan di sini saja, bisa dilatih di masing-masing TPS supaya kedepan lebih mudah," pungkasnya

Editor


Komentar
Banner
Banner