SEA Games 2023

Menpora Dito Optimis Indonesia Lolos Fase Grup SEA Games 2023

Menpora Dito Ariotedjo optimistis timnas sepak bola putra Indonesia bisa melewati fase grup di babak penyisihan Grup SEA Games 2023 mendatang

Featured-Image
Para Pemain yang dipanggil dalam pemusatan latihan (TC) Timnas U-22 persiapan SEA Games 2023 (Foto: dok. PSSI)

bakabar.com, JAKARTA – Menpora Dito Ariotedjo optimistis timnas sepak bola putra Indonesia bisa melewati fase grup di babak penyisihan grup SEA Games 2023 mendatang.

Pasalnya, berkaca dari hasil drawing SEA Games 2023, Menpora baru itu meyakini skuat Garuda bisa lolos ke babak semifinal turnamen SEA Games Kamboja mendatang.

“Kalau dari drawing-nya, saya optimis karena kita berada di Grup yakni Indonesia, Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste,” kata Menpora Dito di kantor Kemenpora, Rabu (5/4).

“Walaupun ada tuan rumah, tetapi kalu di lihat dari track record, Kamboja bisa kita kalahkan,” sambung Dito.

Baca Juga: Tergabung di Grup Ringan SEA Games, Ketum PSSI Minta Timnas Tak Remehkan Lawan

Lebih lanjut, pria berusia 32 tahun itu bersyukur Indonesia terhindar dari Grup B dimana grup tersebut merupakan grup yang dijuluki sebagai ‘grup neraka’.

Pasalnya, Grup B yang berisikan Vietnam, Thailand, dan Malaysia itu bisa saja menjadi sandungan timnas Indonesia di ajang bergengsi Asia Tenggara itu.

“Yang berat memang ada di Grup B. SEA Games 2021, Indonesia berada di peringkat ketiga. Sedangkan Vietnam di posisi pertama dan Thailand di tempat kedua. Mereka ada di Grup B,” tutur Menpora.

Dengan hasil drawing tersebut, Menpora mengatakan Indonesia mendapat keuntungan. Untuk itu, Dito berharap kekecewaan timnas U-20 yang batal di Piala Dunia bisa ditransfer ke SEA Games 2023.

Baca Juga: Tergabung di Grup Ringan SEA Games, Ketum PSSI Minta Timnas Tak Remehkan Lawan

Di samping itu, Menpora Dito juga mengatakan timnas sepak bola putri Indonesia juga memiliki peluang yang sama dengan tim putra di ajang SEA Games 2023.

Tergabung di Grup B bersama Kamboja, Thailand, Singapura dan Laos, Dito optimis timnas sepak bola putri bisa melangkah ke babak penyisihan.

“Timnas sepak bola putri kita juga punya pontensi [lolos fase grup],” pungkas Dito singkat.

Adapun pada SEA Games 2023 ini, empat tim dari masing-masing grup akan bersaing untuk merebutkan dua tiket menuju babak semifinal.

Nantinya, juara dari Grup A akan bertemu dengan runner-up grup B, sedangkan juara grup B akan bertemu dengan runner-up grup A.

Ajang turnamen SEA Games 2023 di Kamboja untuk cabor sepak bola sendiri akan mulai diselenggarakan pada 29 April hingga 16 Mei 2023 mendatang.

Editor


Komentar
Banner
Banner