Test Drive BYD

Menjajal Mobil Listrik BYD Atto 3, Jakarta-Bandung Tenaganya Ciamik

Jajaran lineup mobil Listrik (EV: Electric Vehicle) di Indonesia kedatangan pemain baru yakni BYD (Build Your Dreams).

Featured-Image
Test drive mobil listrik BYD Atto 3. Foto: dok. BYD

bakabar.com, JAKARTA - Jajaran lineup mobil Listrik (EV: Electric Vehicle) di Indonesia kedatangan pemain baru yakni BYD (Build Your Dreams).

Pabrikan kendaraan roda empat asal China ini resmi masuk ke Indonesia dengan langsung memboyong tiga jajaran lineup terbaiknya yakni BYD Seal, BYD Atto 3, dan BYD Dolphin.

Dengan menawarkan tiga jenis lineup terbaiknya, BYD disinyalir bakal mewarnai persaingan kendaraan listrik di Tanah Air.

Lantas, seperti apa kira-kira rasanya saat mengemudikannya? Seperti apa fitur, nuansa kabin dan lain sebagainya? Tim bakabar.com mendapatkan kesempatan untuk melakukan test drive dari salah satu lineupnya yakni BYD Atto 3.

Baca Juga: Deretan Mobil Listrik dengan Baterai LFP, Ada Wuling hingga BYD

Dalam kegiatan yang bertajuk Media Test Drive, kami mendapatkan kesempatan untuk menjajal BYD Atto 3 varian Extended Range dengan rute Jakarta-Bandung, pada Senin (30/1) tadi.

"Atto 3 sudah menggunakan teknologi Blade Battery BYD yang punya beberapa keunggulan yaitu super safety, super endurance mileage, super strength, super lifetime, super power," tutur Head of Product PT BYD Motor Indonesia Bobby Bharata, di Jakarta, Senin (29/1).

Dengan tampilan eksterior dan interior nan menarik dan trendy, Atto 3 menghadirkan tampil mobil kekinian khas saat ini.

Eksterior Atto 3 EV

Tampilam eskterior BYD Atto 3 - bakabar.com
Tampilam eskterior BYD Atto 3. Foto: bakabar.com/Farhan

Dari segi tampilan eksterior, mobil pabrikan tiongkok ini bergaya compact SUV. Tampang maskulin sekaligus trendy menjanjikan model Atto 3 layak untuk dipinang saat ini.

Memiliki dimensi panjang 4.455 mm, lebar 1.875 mm, tinggi 1.615 mm dan wheelbase 2.720 mm, BYD Atto 3 sangat mengakomodir perjalanan dengan rute Jakarta-Bandung.

Baca Juga: Komparasi Mobil Listrik BYD Dolphin vs MG 4 EV, Siapa Lebih Unggul?

Selain itu, BYD Atto 3 juga didapuk dengan dua varian ban yakni R17 untuk Standard Range Advanced dan R18 untuk tipe Extended Range (unit yang dipakai test drive).

Tak hanya itu saja, desain lampu yang ditampilkan juga memiliki kesan menyambung dari kedua sisi yang khas mobil kekinian saat ini.

Sementara, untuk bagian belakang mobil ini, memiliki kesan minimalis dengan sentuhan lampu belakang yang memanjang dari sudut kiri hingga kanan.

Tak ketinggalan, hadirnya spoiler belakang di atas kaca menambah kesan sportynya.

Interior BYD Atto 3

Tampilan interior BYD Atto 3. Foto: bakabar.com/Farhan
Tampilan interior BYD Atto 3. Foto: bakabar.com/Farhan

Beralih ke bagian kabin mobil BYD Atto 3. Nuansa mewah sekaligus unik ditonjolkan di dalam ruang kabin mobil asal tiongkok ini.

Daya desain yang jauh lebih berani dibandingkan dengan bagian eksterorirnya menambah kesan menyenangkan saat mengemudikan BYD Atto 3.

Terlebih, lekukan-lekukan simestri di kanan dan kiri dashboard mobil ini berbeda dengan konsep yang unik dan jarang ditemukan di mobil yang mengaspal di jalanan Tanah Air.

Baca Juga: BYD Luncurkan 3 Mobil Listrik Sekaligus, Jarak Tempuh sampai 650 Km

Selain itu, interiornya pun dilengkapi dengan head unit berukuran 15,6 inci, dengan fitur perintah suara atau voice commend hingga speaker HIFI Dynaudio yang menambah keasikan berkendara.

Duduk di bangku mobil BYD Atto 3 juga terkesan nyaman. Memiliki konfigurasi jok 5 seater mobil ini sangat mengakomodir perjalanan dari Jakarta-Bandung.

Test driver bakabar.com yang memiliki tinggi 175 cm, tak kesulitan untuk menumukan posisi duduk yang ideal di dalam kabin BYD Atto 3. Baik dari segi pengemudi maupun penumpang.

Terlebih, dengan disematkannya jok elektrik untuk kursi barisan depan menambah kenyamanan di dalam kabin BYD Atto 3.

Baca Juga: IIMS 2024 Diikuti 21 APM Mobil Termasuk BYD dan Vinfast, Cek Tiketnya

Dibalut dengan material-material soft touch berkualitas dengan perpaduan warna hingga ambient light menambah kesan mewah di dalam kabin.

Sementara, untuk segi kepraktisan. Mobil BYD Atto 3 tak perlu lagi dikhawatirkan. Banyak tempat penyimpanan hingga bagasi yang memiliki kapasitas yang sangat mumpuni.

Performa BYD Atto 3

Performa BYD Atto 3. Foto: dok. BYD
Performa BYD Atto 3. Foto: dok. BYD

Dari segi performanya, mobil listrik jebolan China ini tak bisa dianggap remeh. Sebab, dari hasil pengetasan di dalam kota maupun di jalan Tol, BYD Atto 3 berhasil memukau tim bakabar.com.

Pertama kali menginjak pedal gas mobil ini, tak terasa ada hambatan apapun. Pedal gas yang sangat responsif ditambah handling apik. Mobil ini sangat asik untuk dikendarai.

Dengan kapasitas baterai 480 KM untuk varian Extended Range, dan memiliki tiga mode berkendara Eco, Normal, dan Sport, test drive Jakarta-Bandung hanya menghabiskan baterai tak kurang dari 50 persen.

Baca Juga: BYD Sebut Kendaraan Otonom Masih Mustahil Diterapkan Saat Ini

Untuk segi akselerasi, dengan mengusung battre LFP (Lithium Ferro Phosphate) berkapasitas 60,48 kWh. Akselerasi BYD Atto 3 tak bisa dianggap remeh.

Namun sayangnya, dalam test kali ini, tim bakabar.com tak leluasa untuk menjajal top speed mobil ini.

Tapi, klaim dari BYD Indonesia, 0-100 km per jam, mobil ini hanya membutuhkan waktu 7,3 detik.

Lantas berapa harga mobil BYD Atto 3 ini? seperti halnya dua model lainnya BYD Seal dan BYD Dolphin.

BYD Indonesia belum mengumumkan harga resmi untuk jajaran lineup mobil listriknya tersebut.

Editor
Komentar
Banner
Banner