piala dunia

Mengenal Ghanim Al Muftah, Pelantun Ayat Suci Al-Qur'an di Pembukaan Piala Dunia 2022

Sejumlah hal menarik tersaji di acara pembukaan Piala Dunia 2022. Opening ceremony berlangsung di Al Bayt Stadium, Al Khor, Minggu, (20/11) kemarin.

Featured-Image
Ghanim Al Muftah. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Sejumlah hal menarik tersaji di acara pembukaan Piala Dunia 2022. Opening ceremony berlangsung di Al Bayt Stadium, Al Khor, Minggu, (20/11) kemarin.

Salah satu yang menyita perhatian adalah sosok Ghanim Al Muftah. Pria 20 tahun yang melantunkan ayat suci Al-Qur'an di hadapan aktor Amerika Serikat, Morgan Freeman.

Adapun surat yang dibacakan Ghanim adalah Al-Hujurat ayat 13.

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal," ujarnya mengartikan ayat tersebut.

Lantas, siapakah Ghanim Al Muftah?

Dihimpun dari berbagai sumber, Ghanim al Muftah merupakan seorang hafiz atau penghafal Alquran.

Ghanim Al-Muftah lahir pada 5 Mei 2002 dengan kondisi langka yang dikenal sebagai Caudal Regression Syndrome (CDS). Suatu penyakit yang menyebabkan pasien terlahir tanpa bagian bawah tubuh. Sehingga, ia membutuhkan bantuan kursi roda untuk beraktivitas.

Bagi Ghanim keterbatasan fisik bukanlah penghambat bagi dirinya untuk mengembangkan bakat dan kemampuan.

Pengusaha Muda Sukses

Tak ayal, di usia yang telatif masih muda, ia tak hanya menjadi seorang penghafal Alquran, ia juga meluncurkan sebuah perusahaan yang berbasis di Qatar yang diklaim menciptakan pengalaman es krim bintang lima, yakni Gharissa Ice Cream. Waralabanya pun telah diperluas ke luar negeri dan di seluruh wilayah Teluk.

Ghanim pun mengisahkan cerita hidupkan melalui unggahan di akun Instagram pribadinya.

"Melalui akun Instagram saya, di mana saya memiliki hampir 1 juta pengikut, saya ingin mengatakan bahwa setiap orang memiliki hak untuk bermimpi dan memiliki ambisi yang dapat mereka capai," kata Ghanim.

"Media sosial adalah jendela bagi dunia. Ini membantu kita menyampaikan pesan kita lebih cepat dan kita harus menggunakannya dengan cara yang positif dan berguna. Saya ingin orang-orang mengerti bahwa orang-orang penyandang cacat mampu memberi dan aktif dalam masyarakat," lanjutnya.

Gemar Olahraga

Di luar keterbatasannya, Ghanim memiliki olahraga favorit seperti berenang, scuba diving, sepak bola, mendaki, hingga skateboarding. 

Menariknya, semasa masih mengecap pendidikan di sekolah, pemuda enerjik ini pun kerap bermain sepak bola menggunakan sepatu di tangan lantas ambil bagian dalam permainan bola bersama rekan-rekannya.

Luar biasanya lagi, Ghanim pernah menaklukkan Jebel Syam, yakni puncak tertinggi di seluruh wilayah Teluk. Dan hingga saat ini ia masih terobsesi untuk menaklukkan Gunung Everest.

Itulah sederet kisah menarik dari seorang Ghanim Al Muftah. Sosok yang mencuri perhatian di acara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar. 

Baca Juga: Lantunan Ayat Suci Alquran Jadi 'Fondasi' Piala Dunia 2022

Editor


Komentar
Banner
Banner