Kuliner Khas Magelang

Mencicip Mangut Beong, Kuliner Khas Magelang Dekat Candi Borobudur

Mangut Beong adalah kuliner khas Magelang dengan rasa super pedas dan bumbu rempah yang melimpah.

Featured-Image
Mangut Beong khas Borobudur, Magelang (Apahabar.com/Arimbihp)

Apahabar.com, MAGELANG - Mangut beong adalah kuliner khas Magelang dengan rasa super pedas dan bumbu rempah yang melimpah.

Mengunjungi Candi Borobudur, kurang lengkap rasanya jika belum menikmati kuliner sekitarnya yang legendaris dan menggugah selera.

Salah satu kuliner legendaris khas Borobudur adalah Mangut Beong Sehati yang berada di Dusun Bumen, RT 01 RW 06, Kelurahan Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Beong adalah jenis ikan air tawar liar yang hidup di aliran Sungai Progo dan biasanya dipancing oleh masyarakat setempat.

Kedai legendaris itu didirikan warga Borobudur, Murni dan suaminya sejak 2002, namun karena usianya yang tak lagi muda, Rumah Makan Sehati dilanjutkan sang anak, Nur Rohman, dan kakak perempuannya.

Baca Juga: Segarnya Berenang di Gumuk Kali Mudal, Hidden Gem Magelang

"Kalau resep dan membuat mangut beong sebenarnya sudah lebih dari 50 tahun, resep turun temurun, tetapi hanya untuk konsumsi sendiri. 2002 baru buka rumah makan di tepi jalan itupun belum jualan beong," kata Nur, Minggu (16/7).

Nur Rohman menceritakan, ia dan keluarganya awalnya hanya berjualan nasi rames, soto ayam, dan goreng-gorengan.

"Lama kelamaan, kami mencoba mengenalkan resep keluarga. Dulu, jual beong itu susah tapi sekarang malah kekurangan stock," tuturnya.

Lebih lanjut, Nur Rohman mengisahkan, saat awal berjualan, ia bahkan tak mampu menjual 10 kg beong, dan selalu sisa.

"Dulu itu, mungkin belum ada peminatnya. Masih asing. Dua tahun atau 3 tahun, orang baru mengenali ikan beong itu apa. Terlebih, ikan ini tidak bisa dibudidayakan. Lama-kelamaan kemudian banyak penggemarnya," ujarnya.

Baca Juga: Magelang Punya Wedang Ronde Langganan Soekarno

Ciri khas lain dari kuliner ini adalah rasanya yang ekstra pedas dan bumbu rempahnya yang kuat hingga ke bagian dalam ikan.

"Pembeli jarang yang menambah sambal, karena memang sangat pedas, juga tidak amis dan dagingnya tebal," kata dia.

Satu porsi menu mangut beong di Rumah Makan Sehati dibanderol mulai dari Rp30.000 tanpa nasi, tergantung ukuran dan bagian tubuh yang dipilih.

"Jadi bisa pilih, mau kepala, badan, atau ekor, harganya juga beda-beda, terkadang beli 1 porsi, bisa untuk berdua, tinggal tambah nasi," kata Nur Rohman.

Ia menuturkan, selain menu mangut beong, Rumah Makan Sehati juga menyediakan aneka masakan jawa dan dawet khas Borobudur.

"Harganya masakan lain mulai dari Rp 10.000, dawetnya mulai dari Rp 7.000 jika tanpa duren, tenang tidak ngepruk (mahal)," kata dia.

Sementara itu, pembeli asal Surabaya, Dini (36) mengaku puas dan kenyang dengan sajian di Rumah Makan Sehati.

"Jos, mantap pedasnya, sampai ke sela-sela daging ikannya masih terasa, tidak begitu banyak durinya juga, worth it to try (cocok untuk dicoba)," ucapnya.

Dini bahkan sempat menambah nasi untuk menu yang ia pesan yakni kepala mangut beong dan urap lengkap dengan dawet sebagai minumnya.

"Kalau ke Magelang lagi, pasti mampir, ini keluarga juga semua suka, baru pertama mencicip memang, tahu warung ini dari rekomendasi google," tuturnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner