Sport

Menangi Derby Catalan, Barcelona Resmi Juarai Liga Spanyol

Gelar juara Liga Spanyol 2022/2023 resmi disandang Barcelona, seusai membantai Espanyol dalam Derby Catalan di Stadion RCDE, Senin (15/5) dini hari.

Featured-Image
Selebrasi Robert Lewandowski seusai menjebol gawang Espanyol dalam Derby Catalan yang memastikan Barcelona menjuarai Liga Spanyol 2022/2023. Foto: Bola

bakabar.com, BARCELONA - Gelar juara Liga Spanyol 2022/2023 resmi disandang Barcelona, seusai membantai Espanyol dalam Derby Catalan di Stadion RCDE, Senin (15/5) dini hari.

Barcelona sudah unggul di menit 11 lewat Robert Lewandowski, setelah melesakkan gol dari dalam kotak penalti melalui tendangan kaki kiri.

Hanya 9 menit kemudian, Barca kembali menjebol gawang tuan rumah. Giliran Alejandro Balde yang mencatatkan nama di papan skor.

Bek berusia 19 tahun itu mencetak gol dari dalam kotak penalti lewat kaki kiri, setelah memanfaatkan umpan Frenkie De Jong.

Setelah melewatkan peluang bagus di menit 24, Lewandowski menambah pundi-pundi gol ke gawang Los Periquitos di menit 40.

Gol di atas tercipta seusai Lewandowski menyambar umpan tarik yang dilepaskan Raphinha dari kanan kotak penalti.

Total Lewandowski sudah mencetak 21 gol di Liga Spanyol 2022/2023, sekaligus menjadi topskorer sementara dengan keunggulan 2 gol atas Karim Benzema yang menjadi pesaing terdekat.

Memasuki babak kedua, Barcelona memperlebar keunggulan di menit 53 melalui Jules Kounde.

Memanfaatkan kegagalan jebakan offside Espanyol, bek tengah tersebut menyundul umpan lambung Frenkie de Jong.

Espanyol bukan tanpa peluang. Salah satunya di menit melalui sepakan Nicolas Melamed. Akan tetapi bola masih mampu diantisipasi Marc-Andre ter Stegen.

Namun 4 menit kemudian, Barcelona akhirnya kebobolan akibat gol Javi Puado. Bahkan di menit 90+2, Joselu membawa Espanyol memperkecil ketertinggalan menjadi 2-4.

Tidak lama kemudian, pertandingan pun berakhir. Dengan kemenangan ini, Barcelona resmi menjadi juara Liga Spanyol 2022-2023.

Mereka unggul 14 poin atas Real Madrid di peringkat kedua, meski kompetisi masih menyisakan 4 pertandingan.

Barcelona sendiri mengumpulkan total 27 gelar juara Liga Spanyol, setelah terakhir kali menjadi juara di musim 2018/2019.

Keberhasilan itu juga menjadi gelar Liga Spanyol perdana untuk pelatih Xavi Hernandez. Sebelumnya Xavi baru memberikan gelar Piala Super Spanyol 2022/2023.

Editor


Komentar
Banner
Banner