SEA Games 2023

Menang Dramatis 3-2 dari Vietnam, Indonesia Lolos ke Final SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-22 berhasil melaju ke final SEA Games 2023 usai menang dramatis dengan skor 3-2 dari Vietnam.

Featured-Image
Indonesia sukses menang 3-2 dari Vietnam dan lolos ke final SEA Games 2023. (Foto: dok. pssi)

bakabar.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-22 berhasil melaju ke final SEA Games 2023 usai menang dramatis dengan skor 3-2 dari Vietnam.

Sesuai dengan prediksi, laga antara kedua musuh bebuyutan Asia Tenggara ini berjalan alot. Beruntung, Timnas U-22 mampu unggul lebih dulu di menit ke-10.

Memanfaatkan lemparan ke dalam Arhan Pratama, Komang Teguh sukses menyundul bola ke gawang Vietnam, Indonesia memimpin 1-0.

Keunggulan ini tak membuat anak asuh Indra Sjafri mengendurkan serangan. Mereka menguasai bola hingga pertengahan babak pertama.

Baca Juga: Libas PB Jaya, Banthongyord Boyong Piala Yuni-Hadiah Ratusan Juta

Namun di menit 36, Vietnam menyamakan kedudukan 1-1 usai umpan lambung Vo Minh Trong berhasil dimanfaatkan oleh Nguyen Van Tung.

Bola mengenai tiang sebelum meluncur ke dalam gawang Indonesia. Hasil imbang sama kuat 1-1 menutup babak pertama.

Di babak kedua, tempo permainan tidak menurun. Skuat Garuda kembali mendapatkan gol cepat setelah lagi-lagi lemparan spesialisasi Arhan merepotkan lini pertahanan Vietnam.

Kali ini lemparan ke dalam Arhan ditepis kiper, namun bola jatuh ke kaki Marselino Ferdinan. Marselino pun melepaskan tembakan dan bola memasuki gawang Vietnam setelah membentur kaki Muhammada Ferrari. Timnas U-22 unggul 2-1.

Baca Juga: Semifinal SEA Games 2023: Indonesia U-22 Vs Vietnam U-22 Imbang 1-1 di Babak Pertama

Kepercayaan diri Skuat Garuda kian meningkat. Namun tak lama berselang, Arhan terpaksa keluar pertandingan karena menerima kartu kuning kedua.

Keunggulan pemain ini tak disia-siakan Vietnam. Mereka terus menggempur Rizky Ridho dan kawan-kawan.

Di menit 78, Indonesia kembali kebobolan. Bek sayap Timnas U-22 Bagas Kaffa mencoba membuang bola umpan silang Vietnam, namun bola justru masuk ke gawang sendiri, skor kembali imbang 2-2.

10 menit berakhirnya waktu normal, Vietnam semakin menggencarkan serangan. Indonesia terpaksa harus habis-habisan bertahan hingaa memasuki babak tambahan.

Baca Juga: Fin Swimming Indonesia Raih Tiga Emas di SEA Games 2023

Gol yang ditunggu-tunggu Timnas U-22 akhirnya terjadi lewat pemain pengganti Muhammad Taufany.

Berawal dari skema serangan balik, Taufany sukses melakukan tembakan mendatar yang tak mampu dibendung kiper Vietnam dan membuat Indonesia unggul 3-2 di menit 90+6.

Skor pun bertahan hingga usai, Indonesia sukses menuju ke final SEA Games 2023 Kamboja dan berpeluang mencapai target medali emas.

Editor
Komentar
Banner
Banner