Piala Dunia 2022

Menang 2-0 dari Qatar, Belanda Lolos ke Babak 16 Besar Sebagai Juara Grup A

Tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar, menutup laga di Grup A dengan kekalahan ketiganya secara beruntun.

Featured-Image
Menang 2-0 dari tim tuan rumah Qatar, Belanda lolos ke babak 16 besar dengan predikat juara Grup A (Foto: Twitter @OnsOranje)

bakabar.com, JAKARTA - Tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar, menutup laga di Grup A dengan kekalahan ketiganya secara beruntun.

Qatar menyerah dari Belanda dengan skor 2-0, dan terpaksa menyelesaikan perjuangannya di Piala Dunia tanpa satu pun kemenangan.

Dua gol Belanda dilakukan oleh Cody Gakpo (26), dan Frenkie De Jong (49). Dengan kemenangan ini, Belanda memastikan diri lolos ke babak 16 besar sebagai pemuncak klasemen Grup A dengan koleksi 7 poin.

Baca Juga: Menang Tipis 2-1, Senegal Lolos Ke Babak 16 Besar Menemani Belanda

Jalannya Pertandingan

Tim nasional Qatar yang sudah gagal lolos sejak laga kedua, coba meraih kemenangan pertama di Piala Dunia 2022 saat menjamu Belanda di Al Bayt Stadium.

Namun Belanda yang unggul kualitas pemain, mampu menguasai bola sejak peluit pertama.

Tim asuhan Louis Van Gaal mampu mengungguli Qatar saat laga memasuki menit ke-27.

Cody Gakpo berhasil memanfaatkan umpan Klaassen untuk mencetak gol ketiganya di Piala Dunia 2022, sekaligus membawa Belanda unggul 1-0 sementara.

Baca Juga: Matchday Kedua Fase Grup Usai, Tiga Negara Pastikan Tiket 16 Besar Piala Dunia 2022

Tiga menit berselang, Qatar bisa saja menyamakan kedudukan saat Klaassen membuat kesalahan, dan bola didapat oleh Ismael Mohammad.

Mohammad langsung menggiring bola ke lini pertahanan Belanda, sebelum melepaskan tendangan yang masih bisa ditangkap kiper Belanda, Andries Noppert.

Hingga babak pertama berakhir, Qatar belum bisa memecah kebuntuan. Belanda unggul sementara satu gol atas tim tuan rumah.

Memasuki babak kedua, Belanda langsung kembali mengurung pertahanan Qatar, dan mencetak gol kedua melalui pemain muda Frenkie De Jong. 

Baca Juga: Golnya Diakui Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes: Gak Penting!

De Jong berhasil meneruskan bola muntah hasil sepakan Memphis Depay, dan menambah keunggulan bagi Belanda menjadi 2-0 pada menit 49

Tak mau malu di depan pendukungnya sendiri, Qatar meningkatkan intensitas serangan untuk memperkecil defisit gol, namun pertahanan pasukan De Oranje yang dipimpin oleh Virgil Van Dijk masih terlalu kokoh untuk ditembus anak asuh Felix Sanchez.

Hanya butuh hasil imbang, Belanda justru hampir menambah keunggulan pada menit 67.

Pemain pengganti Steven Burghuins bisa membuat gol perdana di Piala Dunia 2022, namun wasit menganulir gol tersebut akibat handsball Gakpo di lini tengah.

Baca Juga: Dirut PT LIB: Jadwal Kick Off Belum Pasti, Tunggu Hasil Verifikasi

Di menit 73, Belanda kembali membuat peluang untuk menambah gol. Gelandang sayap Denzel Dumfries menusuk sisi kiri pertahanan Qatar, sebelum melakukan tendangan jarak dekat yang berhasil dihalau oleh Mershal Barsham.

Usaha Qatar untuk menyarangkan gol ke gawang Noppert masih belum membuahkan hasil. Frustrasi akibat susahnya menembus lini belakang Belanda, bek Qatar Pedro mencoba tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, namun masih melebar jauh dari tiang gawang.

Belanda berhasil mempertahankan keunggulan 2-0 atas Qatar, sekaligus memastikan diri lolos ke babak 16 besar sebagai pemuncak klasemen grup A dengan koleksi tujuh poin dari tiga laga.

Sementara di laga lain grup A, Senegal yang menang 1-2 atas Ekuador berhak mendapat satu tiket untuk menemani Belanda ke perdelapan final.

Informasi lengkap seputar Piala Dunia 2022 bisa diakses di sini

Editor


Komentar
Banner
Banner