News

Memotret Harmoni Gereja Mahanaim, Rayakan Natal di Samping Masjid

Toleransi Gereja Mahanaim, Rayakan Natal Disamping Masjid

Featured-Image
Pengurus Gereja Mahanaim, Tanjung Priok. Foto: apahabar.com/Ariyan Rastya

bakabar.com, JAKARTA – Dekorasi persiapan peribadatan menjelang natal sudah terlihat rapi dan hampir selesai di salah satu gereja di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Gereja itu bernama Gereja Mahanaim. Dari pantauan bakabar.com terlihat persiapan dekorasinya sudah mencapai 80 persen untuk perayaan malam natal nanti.

Uniknya, gereja tersebut berada tepat di samping tempat ibadah umat muslim yakni Masjid Al Muqarrabien. Gereja Mahanaim sudah 17 tahun berdampingan dengan masjid tersebut.

Baca Juga: Maknai Natal 2022, Menag Minta Umat Nasrani Ikut Menjaga Harmoni dalam Kebinekaan

Mery Dauhan, salah satu pengurus gereja menceritakan pengalaman baik dan penuh toleransi di antara kedua umat agama Samawi itu.

Pasalnya, setiap malam perayaan natal pengurus Masjid Al Muqarrabien selalu memberikan bantuan seperti memberi lahan parkir bagi jemaah gereja yang akan beribadah.

“Setiap natal kan kita lumayan banyak jemaatnya, biasanya pihak masjid selalu menyediakan lahan parkir buat jemaat,” ujar Mery kepada bakabar.com, Sabtu (24/12).

Baca Juga: Senyum Gembira Pedagang Pernak-Pernik Natal, Omzet Naik 40 Persen

Begitupun sebaliknya, Mery menceritakan ketika bulan ramadan tiba di mana umat muslim menjakankan ibadah puasa, pihak pengurus Gereja kerap kali mengadakan acara buka puasa bersama dengan pihak pengurus masjid.

“Bahkan sebelum Pandemi, kita pernah ngadain buka puasa bersama dengan pihak masjid,” lanjutnya.

Mery bersama pengurus lain selalu menanamkan nilai-nilai kebaikan dan menjunjung tinggi teloransi terhadap umat beragama. Hal itu ia tanamkan kepada para jemaah umat kristiani yang selalu datang beribadah.

“Kita tidak pernah bermasalah dengan pihak masjid, kita bahkan selalu menjunjung tinggi toleransi terhadap umat beragama,” imbuh Mery.

Baca Juga: Antre demi Natalan di Kampung Halaman, Kisah Pemudik Pelabuhan Merak

Dari pantauan, pohon natal berdiri tinggi lengkap dengan pernak-pernik yang biasa jadi pelengkapnya. Itu melambangkan meriahnya perayaan natal yang sebentar lagi dirayakan.

Adapun kegiatan para jemaah Gereja Mahanaim akan diadakan ibadah bersama pada Sabtu malam nanti tepat pukul 20.00 WIB.

Kemudian dilanjutkan ibadah puncak perayaan Natal keesokan harinya pada Minggu (25/12) pukul 09.00 WIB.

Menurut informasi yang didapatkan, Gereja Mahanaim didirikan sejak 2005, tepat dua tahun sebelum berdirinya Masjid Al Muqarrabien. 

Editor


Komentar
Banner
Banner