Banjarmasin Hits

Membanggakan, SMKN 3 Banjarmasin Dipercaya Gelar SinemAKSI ACFFest Bersama KPK

Membanggakan, SMKN 3 Banjarmasin Dipercaya Gelar SinemAKSI ACFFest Bersama KPK

Featured-Image
SMKN 3 Banjarmasin satu-satunya sekolah yang dipercaya menggelar SinemAKSI ACFFest bersama KPK usai melalui seleksi ketat. Foto-for bakabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Membanggakan. Usai seleksi ketat, Layar Sinema Kita dari SMKN 3 Banjarmasin dapat berkolaborasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Sinema Antikorupsi (SinemaAKSI) AntiCorrupttion Film Festival (ACFFest) di Kota Banjarmasin.

Kegiatan yang digelar sebagai salah satu kampanye antikorupsi melali film ini sekaligus merayakan satu dekade ACFFest KPK. Acara berlangsung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan serta Banjarmasin Creative Hub, pada Sabtu dan Minggu (12-13/10/2024).

Festival Director Layar Sinema Kita, Zainal Muttaqin mengatakan, SMKN 3 Banjarmasin menjadi satu-satunya sekolah yang berhasil lolos dalam Program Kompetisi Event Screening SinemAKSI ACFFest KPK. 

“Sekolah/kampus yang menggelar kegiatan ini diseleksi secara ketat, yang awalnya dari 12 finalis menjadi 1 sekolah dan 5 kampus yang lolos untuk difasilitasi dalam program screening SinemAksi, dan SMKN 3 Banjarmasin menjadi satu satunya sekolah yang lolos,” katanya saat dihubungi bakabar.com, Kamis (10/10/2024).

Enal sapaan akrab Zainal Muttaqin mengatakan kegiatan ini akan menghadirkan 4 program screening dan diskusi film serta 2 program workshop. "Hari pertama ada screening dan diskusi program "Culas" dan "Anomali", sedangkan di hari kedua ada program "Raja Akal" dan "Collateral Damage" dan workshop distribusi film dan produksi film," ungkap Guru Program Keahlian Broadcasting & Perfilman SMKN 3 Banjarmasin itu.

Total ada 12 film Pemenang ACFFest selama 1 dekade, serta empat narasumber diskusi yang akan meriahkan Layar Sinema Kita x SinemaAKSI ACFFest di Banjarmasin.

Diskusi Publik yang digelar usai pemutaran film, rencananya menghadirkan Riza Pahlevi yang merupakan sutradara dan penulis skenario Film Kronik Puri Wicara.

Kemudian Noorhalis Majid, S.E., M.E, seorang penulis Buku, aktivis sosial entrepreneur. Dan selain itu, ada Muhammad Syamsu Rizal selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat, serta Muhammad Mujiburrakhman, Ketua Forum Aksi Penyuluh Antikorupsi (APIK) Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Saya berharap dengan adanya kolaborasi antara Layar Sinema Kita dengan ACFFest KPK ini dapat menambah khazanah dan keilmuan perfilman di Kalimantan Selatan, serta menjalin ruang-ruang kolaborasi yang ada," tambah Zainal.  

Layar Sinema Kita x SinemaAksi ACFFest juga mengadakan program workshop tentang distribusi film yang akan disampaikan oleh M Rizal founder dari AruSinema dan workshop produksi film yang akan diisi oleh Ade Hidayat, S.I.Kom, owner Alemo Films.

Layar Sinema Kita x SinemaAKSI ACFFest di Banjarmasin terbuka untuk umum, pelajar, mahasiswa, organisasi masyarakat kepemudaan dan keagamaan, komunitas, dan masyarakat yang tidak hanya dari Banjarmasin saja, namun hingga seluruh Kalimantan Selatan.

Seluruh kegiatan Layar Sinema Kita x SinemaAKSI ACFFest dapat diikuti secara gratis dan tiketnya bisa diakses melalui https://s.id/layarsinemakita.

Editor


Komentar
Banner
Banner