Hot Borneo

Membanggakan, Pelajar SMAN 1 Palangka Raya Juara Pameran Sains Internasional

Membanggakan. Itulah kata yang terucap dari Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Palangka Raya, Kalteng, Raya Arbusin.

Featured-Image
Kepala SMAN 1 Palangka Raya, Arbusin (enam dari kiri) berfoto bersama sejumlah pelajar yang meraih prestasi di ajang olahraga serta pameran sains tingkat internasional. Foto-Antara

bakabar.com, PALANGKA RAYA - Membanggakan. Itulah kata yang terucap dari Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Palangka Raya, Kalteng, Arbusin. Pasalnya siswanya berhasil menjadi juara di ajang Pameran Sains Internasional.

Pameran Sains Internasional atau ajang Youth International Science Fair 2023, di Bali, siswa SMAN 1 Palangka Raya meraih juara 1.

Selain juara sains internasional di Bali siswa dan siswi SMAN 1 Palangka Raya juga meraih sejumlah prestasi di berbagai bidang, di antaranya olahraga.

"Untuk siswa kami yang meraih juara satu di ajang sains internasional di Bali itu bernama Yoanne Avrilliany. Prestasi yang diraih di ajang internasional tersebut sangat membanggakan sekolah," kata Arbusin dilansir Antara, Rabu (15/3/2023).

Dia menuturkan, pada awal Februari sampai Maret 2023 ini siswa SMAN 1 Palangka Raya juga meraih sejumlah prestasi dari berbagai kejuaraan, di antaranya olahraga.

Untuk prestasi yang diraih oleh pelajar SMAN 1 Palangka Raya ada sembilan kejuaraan selama Februari-Maret 2023.

Pertama, berhasil meraih juara tiga Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Kalimantan's Physics Competition (KalPhyco) Universitas Lambung Mangkurat pada 4 Maret 2023.

Mereka, masing-masing atas nama Muhammad Aldhi dari kelas X-2, Misbakhul Agung Aditya dari kelas X-6 dan Axel Gustianova dari kelas X-11.

Kedua, juara satu lomba fashion show Smansa ART masing-masing atas nama Indra Saputra X-11 IPS-2 dan Azaria Joanna Samulajari.

Kemudian juara satu kumite kadet putra 55 kilogram, juara dua kata kadet putra 14-15 tahun pada ajang Piala Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalteng, pada 24-25 Februari 2023 yakni atas nama Dimas Grandi Setya Pratama kelas X-2.

Selanjutnya, atas nama Nur Husna dari kelas XI IPS-1 berhasil meraih juara dua komite junior putri 54 kilogram, sedangkan Nurul Hafizah dari kelas X-2 juara 3 kumite putri codet 50 kilogram.

Pada ajang LKBB Paskibra di ajang Genbi Festival IAIN Palangka Raya, SMAN 1 Palangka Raya juga berhasil menyabet juara dua.

Kemudian pada kejuaraan pencak silat di Karsa Mulya Cup IV Se-Kota Palangka Raya serta kejuaraan Pencak Silat Merpati Putih se-Kalteng Dandim 1016/Plk Cup, juga meraih juara.

Atlet pencak silat dari SMAN 1 Palangka Raya tersebut bernama Miftahul Jannati dari kelas X-3.

Arbusin menegaskan, para guru-guru di SMAN 1 Palangka Raya tidak hanya mentransfer mata pelajaran saja ke peserta didiknya, melainkan juga selalu menyalurkan ekstrakurikuler yang selama ini benar-benar harus disalurkan.

"Semoga dengan apa yang telah diraih oleh peserta didik kami, tentunya sangat membanggakan sekolah juga mengharumkan nama daerah terutama Provinsi Kalteng," tutup Arbusin.

Baca Juga: Dua Ruang Kelas SMA Negeri 5 Palangka Raya Ludes Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Editor


Komentar
Banner
Banner